Jumat, 01 Januari 2016

PELUANG USAHA MODAL KECIL HASIL MAKSIMAL


Saat ini banyak pengusaha yang bermunculan di Indonesia, dari mulai usaha besar, kecil dan menengah.
Kebanyakan calon pengusaha terkadang kebingungan untuk memulai usaha, padahal peluang usaha sudah ada di depan mata kita. yang sering kita dengar adalah kendala tentang keuangan. Padahl untuk memulai usaha itu tidak memerlukan biaya yang sangat besar, Berapa modal yang anda punya itu adalah modal pertama kita untuk memulai usaha, mulailah dari hal yang terkecil jangan terburu-buru untuk usaha yang besar, bahkan samapai ada yang minjam uang lewat bank atau sana situ, yang ada Anda bakalan kebingungan untuk membayarnya. Awali dengan modal yang Anda punya, baru kita berpikir untuk memperbesar usahanya. Di sini PUM (peluang usaha menjanjikan) Akan sedikit membhas peluang usaha modal kecil hasil maksimal. Emangnya ada usaha modal kecil hasil maksimal? Yang pasti ada!! bahkan banyak. Mungkin karena kita belum mengetahuinya dan bahkan sudah tahu tetapi belum pernah mencobanya. Di antaranya yang PUM mau dijelaskan tentang Peluang usaha modal kecil hasil maksimal adalah usaha di bidang budidaya gurami.
Ikan gurami sangat disukai di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya yang sangat gurih dan yang pasti gizinya yang baik untuk kebutuhan tubuh kita, prospek usaha budidaya ikan gurami sangatlah cerah karena banyak rumah makan yang menyajikan menu makanannya dengan bahan ikan gurami.
Salah satu Peluang Usaha Modal Kecil mungkin bisa buat bahan pertimbangan Anda adalah Budi daya ikan gurame.

  • Cara Budidaya Ikan Gurami



Cara budidaya gurami ada beberapa bagian di antaranya
  1. Pembibitan
  2. Pembesaran
 Dalam pembibitan gurami ada hal-hal yang perlu Anda ketahui di antaranya :
  1. Penyiapan induk gurami yang berkualitas
  2. Pakan indukan supaya cepat bertelur
  3. Temap/kolam untuk pemijahan indukan gurami
  4. Tempat/kolam pendederan 
Dalam usaha pembesaran ikan gurami yang Anda siapkan di antaranya :
  1. Kolam untuk pembesaran
  2. Pakan 
Hal-hal di atas adalah faktor-faktor pendukung usaha budidaya ikan gurami.

Tips supaya gurami cepat besar


Paktor utama dalam usaha pembesaran gurami adalah tergantung kolam gurami tersebut.
Kolam dalam usaha pembesaran gurami Adalah paktor utama Pendukung usaha pembesaran gurami tersebut. Karena ukuran kolam harus tepat dalam pembesaran ikan gurami tersebut. Yang dimaksud harus tepat di sini adalah kolam gurami lebih besar lebih bagus karena akan membantu pertumbuhan gurami. Jika kolam Anda ukurannya 5x6 m terus di isi ikan gurami sebanyak 5000 ekor maka pertumbuhannya akan lambat, tetapi ukuran tersebut jika Anda isi dengan ikan gurami sebanyak 1500 ekor pasti pertumbuhannya bakalan beda dengan kolam yang berukuran 5x6 m tersebut yang di isi ikan gurami sebanyak 5000 ekor, dan yang pasti bakalan bedah jauh walaupun umurnya atau bibitnya sama.
Yang kedua tips supaya gurami cepat besar adalah pemberian pakan yang cukup. dalam pemberian pakan Anda harus bisa mengaturnya jangan kebanyakan dan apalagi jangan kekurangan, karena akan mempengaruhi proses pertumbuhan ikan gurami tersebut.
Artikel Bersangkutan :

  1. APAKAH BUDIDAYA IKAN GURAMI BISA DIJADIKAN USAHA SAMPINGAN??
  2. CARA AGAR IKAN GURAMI CEPAT BESAR BAGI PENGUSAHA PEMBESARAN IKAN GURAMI
  3. CARA BUDIDAYA IKAN GURAME 
  4. CARA MEMBUAT PAKAN AYAM DENGAN BIAYA MINIM
  5. CARA MEMULAI USAHA BUDI DAYA LOBSTER AIR TAWAR
  6. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG
  7. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG BAGI PEMULA
  8. CARA MENANGGULANGI IKAN GURAMI YANG TERKENA PENYAKIT JAMUR
  9. CARA MERAWAT TELUR GURAMI YANG BAIK

Tips sukses usaha budidaya gurami

Saya akan sedikit memberikan tips-tips usaha budidaya gurami media plastik.
  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah pembuatan kolam
Buatlah kolam berukuran 5 x 8 m. Caranya pembuatan kolam Anda harusmengali tanah halaman Anda dengan berbentuk cekung kaya alat penggorengan, agar dikala panen mudah untuk mengambil ikan gurami tersebut, Berilah pembuangan air di tengah-tengah kolam. Setelah selesai beri sekam padi di lantai kolam tersebut dengan merata agar tidak merusak plastik nantinya, setelah selesai pasang plastik tersebut dengan ukuran 5,5 x 8,5 m. biar pas kedalam kolam tersebut karena kita memasang sampai kebagian tanggul kolam tersebut. Setelah plastik terpasan kemudian isi dengan air sungai setengah ketinggian kolam tersebut.
  • Pembelian bibit gurami

Anda beli gurami yang masih baru hidup atau bisa di sebut larva gurami atau kebul gurami satu sarang gurami. Biasanya dalam satu sarang ada 5000 ekor larva gurami, Harganya kalau di daerah saya 1 sarang di hargai sebesar Rp 100,000. Anda tebar di kolam plastik tersebut dan di kasih genting dalam kolam tersebut sebanyak 10 pcs untuk sembunyi ikan gurami tersebut.
  • Pakan gurami
Pakan gurami yang baru hidup bagusnya dengan menggunakan cacing sutra atau bisa di bilang cacing rambut, cara pemberian pakan anak gurami Anda tinggal menaburkan cacing sutra kedalam kolam plastik dengan merata di setiap bagian agar semuanya kebagian. Jika cacing hampir habis maka Anda harus kasih lagi dan terus menerus sampai siap Anda memanennya.
  • Panen ikan gurami
Jika sudah berumur 2 bulan biasanya gurami yang di beli tadi yang baru hidup akan sebesar kuku jari dan harganya sebesar Rp 500 rupiah. Berarti Anda tinggal mengalikan jumlah ikan rata-rata dalam satu sarang sebanyak 5000 ekor dikali Rp 500 rupiah maka hasilnya sebesar Rp 2,500,000 rupiah dalam 2 bulan tersebut.
Itu jika Anda mempunyai 1 kolam pembesaran gurami, jika Anda mempunyai kolam 3 dan masing-masing kolam tersebut di isi satu sarang gurami berarit Anda mempunyai 15.000 ekor ikan gurami maka dalam 2 bulan Anda akan menghasilkan sekitar Rp 7,500,000 rupiah, sangat luar biasa bukan.
Usaha budidaya gurami ini Anda bisa dilakukan untuk usaha sampingan Anda karena budidaya gurami tidak membutuhkan waktu sehari-hari paling pagi dan sore untuk mengasih pakan ikan tersebut dan seterusnya waktu Anda banyak yang luang bisa Anda manfaatkan dengan usaha yang lain agar penghasilan Anda tambah dan tambah.
  • Perawatan 
Dalam budidaya ikan gurami pastinya ada hal-hal penting dalam perawatan di bidang kolam, air, ikan, pakan, dan sebagainya.
Paktor keberhasilan budidaya gurami media kolam plastik di antaranya perawatan air, air di kolam terpal Anda harus di jaga karena akan menimbulkan penyakit/hama ikan gurami. Yang harus diperhatikan dalam peraw
atan air adalah dari segi baunya, jadi air yang harus Anda perhatikan dari segi baunya bukan dari rasanya atau warnanya, contoh gambaran kecil. Jika Anda punya kolam plastik kemudian warna airnya ke biruan kaya lumut tetapi baunya tetap seteril tidak ada perubahan seperti air biasanya itu tidak akan mempengaruhi terhadap ikan gurami Anda. Tetapi walaupun airnya bening tetapi sudah berbau busuk, hanyir, dan sebagainya maka akan mempengaruhi ika gurami Anda, biasanya jika air di kolam plastik sudah berbau ikanpun akan kelihatan lemas dan selalu ada di permukaan air. Jika Anda mengalami seperti itu maka Anda harus memindahkan ikan tersebut ke kolam yang baru di isi air tetapi yang sudah 2 hari di dalam kolam bukan yang baru di airi dari sungai, air yang sudah di diamkan selama minimal 2 hari, karena jika Anda memindahkan ikan yang sudah lemas kedalam kolam yang baru di airi dari sungai maka ikan akan mati karena air belum seteril jadi ikan belum bisa beradaptasi dengan air tersebut.
Jadi intinya jika kolam Anda berubah warna dan rasa tetapi tidak berbau maka masih bisa Anda gunakan untuk berbudidaya gurami, dan jika sebaliknya warna dan rasa tidak berubah tetapi air sudah berbau yang tidak sewajarnya air maka Anda harus segera memindahkan ikan gurami tersebut ke kolam yang airnya tidak berbau. Artikel bersangkutan :

Peluang Usaha Modal kecil memang di buru oleh para pelaku usaha, mungkin salah satunya Anda yang mencari informasi peluang usaha modal kecil hasil maksimal, Selain budi daya gurame yang termasuk Peluang Usaha Modal Kecil adalah

  •  menjadi youtuber.

Apakah Anda pernah mendengar tentang youtuber? Jika sudah maka mungkin pembahasan ini sekedar tambahan untuk mempertimbangkan Anda dalam pencarian Peluang Usaha Modal Kecil.

Menjadi youtuber mungkin tidak terlalu memerlukan modal yang besar cukup Anda memiliki sebuah kamera dan software editing video, maka Anda sudah bisa melakukan usaha online menjadi seorang youtuber, besar kecilnya penghasilan menjadi youtuber tergantung seberapa besar pengunjung video Anda, maka dari itu Anda perlu juga membaca tentang Cara menjadi youtuber sukses.

Peluang Usaha modal kecil berikutnya  yang mungkin perlu Anda pertimbangkan dalam memilih Peluang Usaha modal kecil adalah:

  • Usaha Membuka Warung Bakso

Apakah Anda pernah memakan bakso? jika Anda pernah, apakah Anda pernah berpikir di waktu Anda mengunjungi sebuah warung bakso tentang prospek usahanya? jika tidak maka saya akan jelaskan sedikit tentang usaha warung bakso.
Bakso adalah salah satu kuliner yang sudah ada di berbagai daerah mungkin di daerah Anda juga sudah ada, usaha bakso adalah salah satu peluang usaha modal kecil, tetapi penghasilan dari penjualan bakso jangan Anda lihat dengan sebelah mata, karena kenyataannya usaha bakso sangat menguntungkan bahkan bisa mencukupi keluarga Anda. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha bakso dan belum mempunyai resep bakso mungkin Anda juga bisa membacanya Cara Membuat bakso,

Selanjutnya mungkin Anda juga perlu mempertimbangkan peluang usaha modal kecil yang satu ini adalah:

  • Usaha Jasa Pemotong Rambut

Usaha ini di bilang usaha yang tidak memerlukan modal yang besar, tetapi hasilnya sangat menjanjikan, usaha ukur rambut tidak banyak resiko dan tidak banyak kendala, yang perlu di perhatikan dalam usaha ini adalah salah satunya tempat yang strategis dan mudah di kunjungi dari berbagai kalangan. Biasanya orang akan mencari tukang cukur yang benar-benar nyaman tempatnya dan mudah di akses. usaha ini adalah usaha yang tiada matinya selagi rambut tumbuh di manusia maka usaha ini selalu di butuhkan. Jika dalam satu hari ada 20 kepala yang Anda cukur maka penghasilan Anda bisa mencapai 20 x 10000 = Rp 200.000. Maka jika di hitung tiap bulannya, berarti penghasilan Anda bisa melebihi buruh para PNS, luar biasa bukan, itu juga jika Anda mempunyai satu tempat, jika Anda mempunyai beberapa cabang maka Anda tinggal mengalikan jumlah keseluruhan kepala dan di kali Harga setiap 1 kepala.

Peluang Usaha modal kecil yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik adalah:

Singkong adalah termasuk umbi akar atau akar pohon yang panjang fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm. Tergantung dari jenis singkong yang di tanam. Daging umbinya berwarna putih atau ke kuning-kuningan.

Ketela pohon atau yang di kenal singkong bisa di buat berbagai macam jenis makanan ringan yang enak, umbi singkong banyak manfaatnya bagi tumbuh kita di antaranya :
  1. Melancarkan pencernaan
  2. Mengobati sakit kepala
  3. Untuk mengobati diare
  4. Mencerdaskan otak
  5. Obat luka bernanah dan terbakar
  6. Mengatasi rematik
  7. Obat cacingan
Dari umbi satu ini sudah banyak manfaatnya bagi tubuh kita, pada jaman nenek moyang kita sebelum ada makanan dari pasar semua makanannya dari bahan singkong tersebut dan hasilnya pada jaman dahulu umurnya bisa mencapai 100 thn lebih, sedangkan jaman sekarang 80 thn juga sudah langka, karena jaman sekarang makanannya banyak yang mengandung bahan-bahan kimia yang tidak bagus bagi tubuh kita.

Tetapi sekarang sudah banyak para pelaku usaha rumahan atau usaha keluarga yang memanfaatkan bahan pokoknya dari singkong tersebut, dan ternyata mereka bisa memasarkan produknya dengan sangat mudah dengan kerja sama dengan warung-warung.

Dari umbi akar ini yang dinamakan singkong bisa di sulap menjadi berbagai macam makanan ringan yang lezat di antaranya yang sudah kita dengar makanan yang terbuat dari singkong di antaranya :
  1. Keripik singkong
  2. Getuk
  3. Tiwul
  4. Tape
  5. Gatot
  6. Brownies
  7. Donat

  • Keripik singkong
Untuk yang mencari peluang usaha Anda bisa mencobanya dengan jajanan di atas tersebut yang terbuat dari singkong, seperti kripik singkong sekarang sudah banyak keripik singkong berbagai macam merek dan nama tetapi dalamnya sama dari singkong, usaha keripik singkong memang tergolong usaha kecil menengah tetapi jangan di pandang sebelah mata, karena ternyata usaha tersebut bisa menghasilkan omset puluhan juta per bulannya.
  • Getuk
Getuk adalah makanan yang sudah ada dari dulu, tetapi sekarang sudah pada kreatif tentang memasarkan getuk bahkan sudah beraneka ragam seni dan rasa sudah dipasarkan dari getuk ini. usaha ini bisa Anda lakukan dari rumah dan bisa Anda pasarkan di warung-warung terdekat Anda.
  • Tiwul
Tiwul adalah jajanan yang terbuat dari singkong dan rasanya pun sangat enak, biasanya pada jaman dahulu tiwul ini bisa di jadikan peganti beras atau nasi, karena ternyata tiwul ini bisa membuat perut kenyang sama seperti nasi.
  • Tape
Tape adalah terbuat dari singkong yang di permentasi, tape sudah banyak di jual di pasaran bahkan sekarang tape jadi jajanan ringan iri khas bandung jadi tape bandung. Bukannya tape hanya ada di daerah bandung di berbagai kota sudah ada yang namanya tape. Usaha ini memang sangat menguntungkan karena jika singkong sudah menjadi tape harganya akan naik berkali-kali lipat jadi ke untungan usaha tape bisa mencapai 100%.
  • Gatot
Gatot juga makanan yang terbuat dari singkong yang di permentasikan selama satu minggu lebih, singkong di belah-belah kemudian di jemur selama satu minggu lebih dan baru di olah menjadi gatot dan di campur parudan kelapa, rasanya juga tidak kalah bersaing dengan jajanan yang sudah di kemas dengan kemasan plastik.
  • Brownies
Brownies adalah kue yang sudah tidak asing lagi di telinga kita hampir di setiap toko kue menyediakan yang namanya brownies dan harganya pun cukup lumayan mahal, Anda juga bisa membuat brownies dari bahan singkong dan rasanya pun tidak kalah dari brownies biasanya yang sudah ada di pasaran. Usaha ini bisa Anda lakukan dari rumah atau memanfaatkan lokasi yang kosong di rumah Anda, bahkan sudah banyak usaha brownies yang via online dan hasilnya pun jangan di pandang sebelah mata sudah bisa bersaing dengan usaha kecil menengah.
  • Donat Telo
Dan Anda bisa membuat donat dari bahan singkong rasanya juga sangat enak dan mengenyangkan lumayan buat ganjal perut. Donat sudah tidak asing lagi di mata masyarakat, jadi prospek usaha donat Telo sangat menjanjikan dan bahkan bisa menghasilkan omset yang besar dari donat telo tersebut. Sebenarnya masih banyak jajanan ringan yang berbahan pokok dari singkong tersebut bukan hanya  yang sudah di sebutkan saja di atas tetapi masih banyak lagi makanan ringan yang terbuat dari bahan singkong.

Kesimpulan:
Peluang Usaha modal kecil mungkin masih banyak lagi yang belum kita bahas di sini, tetapi mungkin penjelasan di atas Anda bisa buat pertimbangan mana yang harus Anda pilih dalam memilih peluang usaha modal kecil tersebut, dan mudah-mudahan dengan adanya penjelasan di atas Anda akan bisa menyimpulkan mana yang menurut yang terbaik dari berbagai penjelasan yang Anda baca di sini dan mungkin dari situs-situs lain.
Previous Post
First