Senin, 10 April 2017

PELUANG USAHA BUDIDAYA IKAN CUPANG

Usaha di bidang perikanan memang banyak di gemari karena mudah di jalani dan keuntungannya sangat lumayan buat mencukupi kebutuhan keluarga kita.
Usaha di bidang ikan hias sangat banyak macam-macamnya, tetapi kali ini kita akan membahas tentang peluang usaha budidaya ikan cupang.
Ikan cupang sangat di gemari oleh pencinta ikan hias dan juga anak-anak, karena bentuknya yang indah dan ikan yang satu ini juga sangat agresip jika bertemu pejantan lainnya dia akan merebutkan kekuasaan daerahnya.
Budidaya ikan cupang tidak begitu rumit dan usaha ikan cupang ini bisa dilakukan dari rumah dengan media aquarium, tidak membutuhkan banyak kolam dan tempat yang luas untuk memulai usaha budidaya ikan cupang ini, untuk pemula Anda cukup punya 3 aquarium untuk pemijahan dan botol-botol kaca untuk memisahkan indukan ikan cupang tersebut, karena ikan ini tidak boleh di satukan dalam satu tempat karena bakalan berkelahi bahkan sampai ada yang mati, jadi Anda harus memisahkannya.
Cara mengawinkan ikan cupang :
ikan lagi kawin
  1. Pilih indukan yang berkualitas.
  2. Kenalkan dahulu sebelum menyatukan caranya Anda bisa memasukan ikan betina ke dalam tempat ikan jantan, tetapi ikan betina masih dalam botol kaca yang bening.
  3. Kemudian sudah beberapa hari jika sudah kelihatan si jantan dan betina sudah akur, maka satukan kedalam satu tempat tanpa penghalang.
  4. Kemudian si jantan akan membuat gelembung untuk penyimpanan telur si betina.
  5. Sesudah gelembung banyak betina dan jantan akan kawin, cirinya si betina akan di lilit oleh pejantan seperti gambar di atas.
  6. Setelah selesai kawinnya, dan telur ikan cupang sudah kelihatan Anda harus memisahkan ikan betina, karena biasanya ikan betina suka memakan telurnya sendiri, dan biarkan si jantan yang menjaga telurnya hingga menetas.
 Setelah menetas pindahkan larva tersebut ke tempat untuk pendederan (aquarium yang besar atau kolam plastik) agar pertumbuhannya lebih cepat, untuk perawatan larva cupang sangat mudah, beri larva pakan dengan menggunakan cacing sutra
Karena cacing ini paling bagus proteinnya dan untuk memperkuat daya tahan tubuh si larva tersebut biar tidak mudah terserang penyakit. Dan jaga terus kualitas airnya jangan sampai airnya berubah menjadi berbau atau terlalu kotor.
Sekian tentang peluang usaha budidaya ikan cupang, sangat praktis dan tidak memerlukan modal yang besar bisa dilakukan dari rumah, harga ikan cupang lumayan tinggi per ekornya, bahkan bisa melebihi yang kita kira jika ikan cupang sangat indah di pandangnya, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Baca juga artikel peluang usaha modal kecil hasil jutaan.

Previous Post
Next Post