CARA MEMULAI USAHA/BISNIS ONLINE

Internet marketing pada dasarny sama, yaitu memasarkan dan menawarkan produk melalui media online. Jadi dengan kata lain Internet Marketing adalah suatu sarana untuk memasarkan dan mempromosikan produk atau jasa melalui media Internet.
Di internet selain bisa memasang iklan di website atau blog kamu sendiri juga bisa memasang iklan produk atau jasa kamu melalui berbagai situs yang ada. Bahkan apabila kamu memiliki uang lebih bisa memasang iklan di google, yahoo, MSN, atau situs-situs popular lainnya. Maka dengan demikian produk atau jasa kamu bisa dibaca dan diketahui oleh orang banyak diseluruh dunia. Maka dari itu apabila kamu akan menjual suatu produk sebaiknya bisa digunakan oleh semua do seluruh dunia. Begitujuga dengan penjualan produk atau jasa kamu bisa menjangkau seluruh dunia.
Jika produk kamu merupakan suatu barang seperti buku, sandal, sepatu, tas, dan sebagainya, maka barang tersebut bisa dijual secara online. Namun apabila produk atau jasa kamu merupakan jasa seperti bengkel mobil, reparasi, variasi, atau yang sejenisnya maka orang yang membaca alamat kamu akan datang ketempat kamu untuk melakukan berbagai perbaikan sesuai dengan yang ditawarkan.

Permintaan dan Penawaran

Analisis permintaan yang menghasilkan prakiraan permintaan terhadap suatu produk merupakan salah satu alat penting bagi manajemen prusahaan. Dari prakiraan penjualan, perusahaan dapat memprakiran anggaran perusahaan, dan dari anggaran perusahaan dapat ditentukan, misalnya jumlah dan macam tenaga kerja yang dibutuhkan, kecukupan alat-alat produksi, ketersediaan pasar mentahndan daya tampung gudang. Permintaan dapat diartikan sebagai jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan untuk membeli barang pada berbagai tinggkat harga. Permintaan yang didukung oleh kekuatan tenaga beli disebut permintaan efektif, sedangkan permintaan yang di dasarkan pada kebutuhan saja disebut sebagai permintaan potensial.
Hukum permintaan mengatakan bahwa bila harga suatu barang meningkat, maka kuantitas barang yang diminta akan berkurang, begitupula sebaliknya, bila harga barang yang diminta turun, maka kuantittas barang yang diminta menaik.
Di sisi lain, penawaran diartikan sebagai berbagai kuantitas barang yang ditawarkan. Dipasar pada berbagai tinggkat harga. Dalam fungsi ini, bila harga suatu barang meningkat, maka produsen akan berusaha meningkatkan jumlah barang yang dijualnya. Sampai dimana penjual ingin menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh berbagai factor, diantaranya ialah harga barang itu sendiri, harga barang lain, ongkos produksi, tingkat teknologi, dan tujuan-tujuan perusahaan.
Konsep permintaan didalam pesat terbagai menjadi dua bagian, yaitu permintaan konsumen dan penawaran pasar. Permintaan konsumen (secara perseorangan) terhadap barang dan jasa akan menentukan macam serta jumlah barang dan data yang dihasilkan, berapa biaya diperlukan serta berapa harga barang tersebut. Permintaan perseorangan tidak akan mampu mengaruhi harga dan persediaan barang, akan tetapi jika bersama-sama akan membentuk sisi permintaan dalam pasar. Dalam analisis, perlu dicarikan fungsi permintaan dalam pasar. Dalam analisis perlu dicari fungsi permintaan yang menunjukan hubungan antara jumlah barang yang diminta denga semua variable yang memperngaruhinya untuk dapat dipakai dalam pengambilan keputusan menajemen.

Keuntungan Yang Bisa Didapat

Saat ini kamu tidak mudah untuk menemukan pasar yang sesuai untuk produk kamu. umumnya sebelum menciptakan suatu produk akan lebih jika kamu melakukan setudi kelayakan terlebih dahulu, mulai dari aspek pasar, aspek teknologi, aspek yuridis, aspek finansial, aspek sumber daya, dan sebagainya. Namun kadang-kadang orang maunya cepat dan instan. Memang semua orang umumnya menginginkan hal yang demikian, ingin cepat maju, cepat kaya, cepat sukses dan seterusnya.
Perlu diketahui apabila kamu akan menjalankan bisnis di internet harus mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian terlebih dahulu, terutama dalam hal promosi atau marketing. Dalam berbisnis dengan cara marketing.
Konvensional mungkin kamu akan menemukan banyak permasalahan, baik dari segi biaya, demografis, geografis, kondisi, dan seterusnya, dengan menjalankan Internet marketing memang hal tersebut bisa juga terjadi, namun bisa diminimalisir, karena berbisnis melalui dunia maya jauh lebih mudah dan menguntungkan dilihat dari berbagai sudut pandang. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa diraih dengan menjalankan Internet marketing tersebut antara lain :
  1. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
  2. Produk yang ditawarkan bisa bermacam-macam, walupun kamu tidak memilih produk sendiri.
  3. Bebas dari berbagai kondisi seperti macet, hujan, transportasi, dan sebagainya.
  4. Waktu yang diperlukan tidak terbatas.
  5. Jangkauan pemasaran bisa mencapai seluruh dunia tanpa ada hambatan.
  6. Kamu tidak perlu dan tidak memerlukan banyak karyawan, gudang, kendaraan, oprasional dan sebagainya.
  7. Masih banyak lagi keuntungan yang didapat dari berbisnis melalui Internet ini. Begitujuga dari segi marketingnya kamu tidak memerlukan biay yng cukup besar untuk menawarkan produk atau jasa yang kamu akan jual. Di sini cukup menyediakan website atau blog yang didalamnya berisi informasi produk, berita, cara pemasaran, jenis produk yang ditawarkan dan sebagainya.

Segmentasi Pasar

Menentukan jenis pasar yang akan dibidik memang sangat penting dalam dunia marketing, baik itu marketing konvensional maupun internet marketing. Segmentasi pasar akan menentukan baik atau tidaknya posisi produk kamu dipasaran. Oleh karena itu penentuan segmen pasar sangatlah penting.
Untukpasar tradisional mungkin tidak terlalu sulit untuk menentukan jenis dan pangsa pasar yang akan dibidik. Sebagai contoh kalau produk yag akan ditawarkan jenis alat kecantikan yang ditujukan anak remaja, maka tentusaja kamu akan memilih pasar moderen yang akan dibidik. Kemudian apabila kamu akan menawarakan produk obat plangsing, maka segmen pasar yang akan dibidiknya adalah pasar kelas menengah ke atas, seperti pasar swalayan atau pasar moderen.
Begitu juga denga Internet marketing tidaklah jauh berbeda. Saat ini pemasaran melalui internet sudah mulai banyak digemari, bahkan utnuk beberapa tahun ke depan sudah dipastikan untuk kalangan kelas menengah keatas akan beralih ke pembelian sistem online. Saat ini sudah mulai banyak dimanfaatkan para produsen barang dan jasa tertentu untuk menjual produknya melalui media Internet. System pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer dan sebagainya. Jika pemasaran barang sudah mentransfer sejumlah uang dan mengirimkan atau memberitahukan bahwa mereka memesan barang tertentu dan sudah mentransfer sejumlah uang, maka barang yang dipesan segera dikirimkan ke alamat kamu.
System pemasaran melalui Internet juga hampir sama seperti itu, pemesan memberitahukan bahwa dia memesan suatu produk misalnya buku komputer seharga RP 25.000 dan memberitahukan ke bagian pemasaran melalui email atau lainya bahwa dia memesan buku A dan sudah mentransfer uang dan bukti transfer dilampirkan. Maka produsen harus segera mengirimkan buku A tersebut ke alamat pemesan, itu sebagai gambaran sederhana.
Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka sistem pembelian dan pembayaran online ini sudah semakin moderen dengan software tertentu sehingga proses pembelian dan pembayaran sudah bisa dilakukan secara online. Karena saat ini sudah mulai berkembang internet banking untuk sistem pembayaran yang akan digunakan.

Produk Yang Akan Ditawarkan

Sebenarnya kamu menciptakan berbagai produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Dan tentu kamu harus mengetahui produk apa yang saat ini yang sedang digemari oleh masyarakat seperti sepatu, sandal, T-Shirt, buku, mainan, atau bisa juga jasa seperti pemndu wisata, jasa pengiriman dan sebagainya.
Untuk memasarkan produk di Internet ini sebenarnya jauh lebih mudah dan aman dibandingkan dengan toko atau supermarket konvensional. Di sini kamu cukup menampilkan foto-foto produk yang akan ditawarkan lengkap dengan sepesifikasi secara lengkap dan harga yang ditawarkan. Jika kamu tidak menyebutkan harga, maka apabila pengunjung berminat dengan produk tersebut akan kesulitan. Jadi untuk memasarkan produk melalui internet jauh lebih efektif dan efesien, karena kamu tidak memerlukan gudang, tidak memerlukan ruko, tidak memerlukan banyak karyawan, dan tentu saja biaya yang diperlukan untuk keperluan ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MEMULAI USAHA/BISNIS ONLINE"

Post a Comment