Prospek Usaha Budi Daya Ikan Bawal Air Tawar

Dewasa ii konsumsi masyarakat atas ikan semakin tinggi. Faktor yang menyebabkan semakin tingginya masyarakat mengonsumsi ikan adalah meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Peningkatan tingkat pendidikan dan kesejahteraan masyarakat zat gizi (nutrient) dalam menu makanan sehari-hari untuk kesehatan tubuh. Ikan mengandung nutrien yang baik bagi kesehatan tubuh. Lemak dan daging ikan merupakan omega-3 yang terseueun atas Docosa Hexaenoic Acid (DHA) dan Eicosa Pentaenoic Acid (EPA) yang berkhasiat menyehatkan jantung, mencegah rematik, dan mencegah/mengobati depresi. Dengan demikian kondisi ini akan meningkatkan tuntunan ketersediaan jenis ikan di pasaran, yang juga tidak terlepas dari ketersediaan jenis ikan bawal air tawar.

Potensi pasar daging ikan bawal air tawar dapat dilihat dari kegemaran (preferensi) masyarakat terhadap daging ikan tersebut, laju pertambahan jumlah penduduk, dan bermacam-macam pesta masyarakat. Dewasa ini kegemaran masyarakat mengkonsumsi daging ikan bawal air tawar semakin meningkat. Bahkan dapat dikatakan bahwa masyarakat telah minded mengkonsumsi daging ikan bawal air tawar sebagai menu makanan (lauk) sehari-hari. Gambaran ini dapat dilihat dari maraknya resto pemancingan, cafe makan tanda, dan resto-resto besar yang menyajikan aneka masakan ikan bawal iar tawar. Dalam menjajakannya, konsumen yang mengkonsumsi daging ikan bawal air tawar cukup banyak. Permintaan daging ikan air tawar dipastikan akan semakin meningkat di masa mendatang sejalan dengan laju perta,bahan ju,lah penduduk. Adanya bermacam-macam pesta rakyat yang umumnya juga menyajikan menu daging ikan bawal air tawar akan meningkatkan daya serap pasar atas ikan bawal air tawar. Meningkatnya preferensi masyarakat terhadap ikan bawal air tawar juga akan meningkatkan daya serap pasar. Lebih dari itu, daging ikan bawal air tawar yang digemari hampir oleh seluruh penduduk dunia menyebabkan potensi pasar ikan tersebut sangat luas sehingga pemasarannya tidak terbatas hanya di dalam negri, akan tetapi juga ke luar negri (ekspor). Dengan demikian usaha budi daya ikan bawal air tawar memiliki prospek yang sangat cerah.

Untuk mencukupi kebutuhan daging ikan bawal air tawar di pasaran, maka diperlukan upaya pembudidayaan ikan bawal air tawar yang intensif (intensifikasi perikanan) dan perluasan lahan perikanan (diversifikasi perikanan). Daging ikan bawal air tawar dapat dipasarkan dalam berbagai bentuk, baik dalam kondisi segar mentah hidup, segar mentah mati, ataupun dalam bentuk olahan. Dalam betuk olahan, ikan bawal air tawar umumnya dipasarkan dalam berbagai jenis masakan yang lezat, yang dihidangkan sebagai lauk-pauk yang dapat langsung dinikmati. Bentuk-bentuk olahan yang disajikan antara lain goerng biasa yang disajikan bersama sambal tomat atau sambal terasi, di goreng saos, bawal goreng lombok ijo, bawal goreng asam pedas, bawal goreng cabai merah, nugget, sosis, bakso, dan lain-lain sebagainya.

Ikan bawal air tawar selain dijual sebagai konsumsi dapat juga dijual sebagai ikan hias. Dalam kapasitasnya sebagai ikan hias, ikan bawal air tawar juga laku di pasaran. Ia dapat dipelihara di akuarium yang menghias ruangan tamu maupun dalam ruangan makan (ruang keluarga). Di samping itu ia juga sangat menarik sebagai penghias di kolam taman halaman rumah. Dengan demikian ikan bawal air tawar juga merupakan komoditas ikan hias yang memiliki pasar tersendiri.

Maka dari itu, usaha budi daya ikan bawal air tawar sangat menjanjikan, dan sangat cerah kita budi dayakan, selamat mencoba dan salam sukses selalu, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di kotak komentar yang sudah di sediakan. Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Prospek Usaha Budi Daya Ikan Bawal Air Tawar"

Post a Comment