CARA MEMULAI USAHA

Cara Memulai Usaha
Pengertian usaha secara general adalah : Usaha merupakan aktivitas yang di lakukan manusia untuk mendapatkan apa yang di inginkan.
Kali ini saya akan menjelaskan cara memulai usaha, karena banyak sekali orang yang kebingungan  akan memulai usaha, di antaranya karena sekarang usaha apapun sudah banyak, seperti usaha bidang pakaian, kosmetik, peralatan rumah tangga dan lain-lain, itu semua terkadang meragukan untuk bertindak dalam memulai usaha.

Peluang usaha itu memang banyak, tetapi karena banyaknya bidang usaha juga terkadang membuat bingung bagi para pengusaha pemula usaha apa yang akan di jalankan-nya? dan bagaimana cara memulainya? banyak sekali pertanyaan-pertanyaan kepada para pemula untuk usaha dalam dirinya, dan kemudian banyak keraguan dalam diri pengusaha pemula.

Saya di sini akan sedikit membantu Anda soal Cara memulai usaha dan bagaimana cara membangunnya.

Tips Memulai usaha

  • Hobi
Jika Anda bingung untuk memulai usaha, karena banyaknya bidang usaha, maka Anda harus  mulai dari hobi Anda atau passion Anda, karena biasanya orang tidak akan gampang menyerah jika dalam dirinya sudah terkait dengan hobi, Siang dan malam biasanya akan dikerjakan atau di lakukan karena hobi.

Contoh : Biasanya orang yang hobi memancing dia akan tetap memancing walaupun keadaannya lagi hujan atau di waktu malam maka dia akan tetap memancing, tidak pernah mengenal lelah dan tidak pernah mengenal waktu karena dia hobi memancing. 

Mulailah Usaha Anda dengan hobi Anda, Jika Anda hobi dengan memancing, maka Anda asah hobi tersebut sampai Anda menjadi master di bidang memancing, setelah Anda mengetahui hobi Anda, maka Anda harus berpikir untuk memberi solusi bagi orang-orang yang sama seperti Anda (suka memancing)
  • Hubungkan Hobi Dengan Manfaat
Tips yang kedua untuk memulai usaha yaitu hubungkan hobi dengan manfaat, jika Anda hobi dalam memancing maka Anda harus bisa memberi solusi atau manfaat bagi para pecinta memancing.
Seperti Anda menyediakan alat-alat pancing, menyediakan kolam pemancingan, dan sebagainya bersangkutan dengan memancing.

Jika hobi sudah terhubung dengan manfaat, maka akan timbul sebuah usaha, Anda bisa memberi solusi bagi para pemancing, dan Anda juga akan mempunyai keuntungan.
  • Fokus Kepada Siapa
Tips yang ketiga adalah fokus, siapa saja yang akan membeli alat pancing? dan siapa yang akan memancing? yang pastinya semua akan menuju kepada para pecinta memancing bukan? maka fokus dalam hal tersebut. sediakan semua kebutuhan para pecinta memancing, dan kasih tempat pemancingan yang benar-benar di sukai oleh para pecinta memancing.
  • Solusi
Tips yang ke empat adalah solusi, Anda harus menjadi satu-satunya solusi bagi para pecinta memancing, apa pun yang membuat mereka menjadi kendala dalam memancing, maka Anda harus siap memberi solusi kepadanya dengan berbagai hal, seperti halnya sudah di jelaskan di atas, pemancing biasanya membutuhkan pemikat ikan, maka Anda harus menyediakannya memberi solusi bagi para pecinta memancing, dan hal-hal lain yang mereka butuhkan Anda harus siap memberi solusinya.

Cara Membangun Usaha

Setelah Anda menemukan pilihan usaha Anda, mestinya Anda harus bisa untuk membangun usaha tersebut, anggaplah usaha itu seperti Anda menanam pohon, dalam pohon terbagi beberapa bagian di antaranya akar pohon, akar dalam pohon adalah faktor utama dalam menahan beban pohon tersebut, jika akar pohon tidak kuat bisa kemungkinan pohon tersebut akan tumbang, nah kita sebut dalam usaha akar itu adalah pondasi dari usaha kita, pondasi dalam membangun usaha di antaranya adalah
  • Visi dan misi
Dalam berusaha Anda harus mempunyai visi dan misi itu adalah pondasi dari usaha Anda.
Visi : Yang tidak ada menjadi ada/ tadinya impian jadi kenyataan
Contoh : dulu belum ada yang namanya pesawat terbang, kemudian para ilmuan memiliki visi agar bisa seseorang yang akan menuju dari satu tempat ke tempat yang lain dengan sekala waktu yang lebih sedikit maka terciptalah pesawat terbang, dalam usaha Anda juga harus mempunyai visi.
Misi : Tujuan yang tertetu
Dalam usaha pasti harus mempunyai tujuan yang pasti, usaha tanpa tujuan itu sama saja jalan-jalan tanpa ada tujuan tidak ada apa yang kita harapkan, maka dalam usaha Anda harus mempunyai tujuan yang pasti, 
  • Marketing
Dalam usaha biar Anda bisa menghasilkan, seperti pohon biar tumbuh buahnya maka Anda harus mempunyai marketing yang sesuai, marketing itu adalah memberi informasi kepada orang lain, Nah Anda informasikan atau memberi solusi untuk para pecinta memancing yang mempunyai kendala, seperti jika ada orang yang lagi mencari alat-alat memancing maka Anda harus memberi tahukan bahwa Anda adalah bisa membantu mereka bahwa Anda menyediakan alat-alat memancing, seperti beriklan atau sebagainya.

Mungkin itulah saran saya untuk Cara Memulai Usaha khusus bagi para pemula untuk memulai usaha dan mungkin Anda juga bisa baca juga artikel saya tentang Jenis-jenis usaha modal kecil.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "CARA MEMULAI USAHA"

  1. thank nice infonya sangat membantu, kunjungi http://bit.ly/2CTxqfK

    ReplyDelete