Selasa, 05 September 2017

JENIS-JENIS USAHA MODAL KECIL

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat siang, malam, pagi, sore semuanya, Di dunia ini siapa yang tidak mau mempunyai usaha sendiri dan bisa sukses dengan usahanya, pasti semuanya pada mengatakan mau dan mau, tetapi terkadang bagi para pemula untuk membuka usaha tersebut suka kebingungan dalam menilai atau mencari apa usaha yang akan di jalankan-nya. Oleh sebab itu saya akan menjelaskan sedikit tentang jenis-jenis usaha dengan modal kecil, mungkin ini bisa Anda buat pertimbangan untuk memilih jenis usaha yang memang cocok bagi Anda.

Di antara jenis-jenis usaha dengan modal kecil yang mungkin Anda bisa lakukan adalah membuka usaha jasa isi ulang pulsa/konter


usaha konter biasanya produknya adalah isi ulang pulsa all oprator dan pulsa listrik dan sebagainya, jaman sekarang semua orang sudah memegang handphone mulai dari anak sekolah sampai orang tua, target usaha ini adalah semua pengguna handphone dan pulsa listrik, coba Anda hitung seberapa banyak pengguna handphone di kota Anda, jika semua rumah minimal memiliki 3 handphone maka tinggal Anda jumlahkan rumah di kota Anda dengan 3, nah semua itu adalah salah satu konsumen Anda, Jenis usaha ini bisa di bilang jenis usaha dengan modal kecil, dan jenis usaha konter juga bisa tergolong jenis usaha rumahhan, karena Anda bisa membuka usaha konter dengan memanfaatkan lahan yang kosong di dekat rumah Anda, apalagi jika rumah Anda di dekat jalan raya, kemungkinan usaha ini akan cocok dengan Anda, karena jika Anda membuka usaha konter di pinggir jalan raya, berarti konsumen pun bukan hanya dari daerah Anda sendiri, orang dari luar kota pun bisa menjadi target konsumen Anda, usaha jualan pulsa tidak perlu dengan modal puluhan juta, bahkan Anda bisa memulainya dengan biaya yang seadanya tidak harus pinjam sana sini, mulailah dengan modal semampu Anda, jika Anda sudah mampu untuk lebih besar dan modal sudah terkumpul, baru Anda bisa memikirkan-nya biar usaha pulsa Anda lebih besar dan lebih maju.

Jenis usaha modal kecil, mungkin ini khusus bagi Anda yang berada di daerah dataran tinggi yang mempunyai suhu yang dingin yaitu usaha jamur tiram.

  • Usaha Budi Daya Jamur Tiram

Jamur tiram adalah jamur pangan dari kelompok basidiomycota dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran.
Jamur tiram bisa tumbuh di berbagai Negara umumnya negara kita yang kaya dan subur dengan alam seperti jamur tiram ini bisa Anda budidaya kan di daerah Anda dengan menggunakan limbah kayu, bekas pengragajian kayu.

Jamur akan tumbuh maksimal di daerah yang dingin atau lembab karena jamur ini merupakan tumbuhan yang memerlukan kadar air yang banyak, Jenis usaha ini bisa Anda jalankan dengan sekala kecil dan menengah, karena usaha ini usaha ramah lingkungan, Anda bisa memanfaatkan limbah dari pabrik kayu untuk bahan pokok media jamur tiram tersebut, dan harga bibit jamur tiram sangat murah sekitar Rp 150000 per botol, satu botol akan menghasilkan 1000-3000 baglog atau media bibit jamur, dan dalam satu baglog akan menghasilkan jamur sebanyak 8 ons, yang sekarang harga jamur mencapai 25000 per kilo. Mungkin usaha budidaya jamur tiram ini bisa Anda pertimbangkan apalagi jika Anda berada di daerah yang lembab dan mempunyai lahan sendiri maka usaha ini cocok buat Anda.

Jenis Usaha modal kecil yang mungkin ini juga bisa buat perbandingan untuk memilih jenis-jenis usaha yang akan Anda lakukan adalah Usaha ternak burung

Komunitas pecinta burung semakin banyak dan semakin ramai, bahkan ada seseorang yang berani menukar satu unit mobil mewah dengan seekor burung, Jenis usaha ini bisa Anda lakukan dari rumah memanfaatkan lahan yang kosong buat ternak burung tersebut, dan usaha ini juga bisa Anda lakukan dengan modal seadanya terlebih dahulu, dan usaha ini lebih cocok jika Anda adalah pencinta atau hobi terhadap burung, maka kemungkinan besar hobi Anda akan menjadi sebuah usaha yang menjanjikan.

Usaha ternak burung akan sangat menyenangkan jika Anda adalah salah satu pencinta burung, dan Anda tidak akan pernah mengeluh dan bosan dengan usaha ternak burung tersebut, dan hasilnya pun usaha ini tidak kalah dengan pengusaha-pengusaha besar lainnya.

Jenis usaha berikutnya yang bisa dilakukan dengan modal kecil adalah usaha Budidaya ikan Hias

Jenis Usaha ini juga merupakan usaha Rumahan dan bisa dilakukan oleh berbagai kalangan bisa di jadikan usaha kecil, besar dan menengah, Karena banyaknya orang yang cinta terhadap ikan hias, maka banyak para pelaku usaha ini di jadikan peluang usaha yang menjanjikan, karena harga ikan hias tidak ada yang murah, apalagi jika pemasaran Anda bisa menebus keluar Negara (Ekspor) maka saya yakin Anda akan menjadi jutawan dengan menjalankan usaha ternak ikan hias di rumah, Usaha ini juga tidak memerlukan modal yang besar. Anda bisa memulainya dengan modal seadanya dengan kemampuan Anda sendiri, karena dengan berjalannya waktu usaha Anda juga akan bertambah besar dan terkenal, untuk saat ini tidak susah mempromosikan usaha Anda, karena Anda bisa menggunakan sosial media gratisan, dan di sana banyak orang yang cinta dengan ikan hias tersebut. 

Sudah banyak para pelaku usaha ternak ikan hias yang sukses bahkan sudah menghasilkan ratusan juta per bulannya dengan keuletan beliau bahwa usaha nya bisa menembus ke luar Negeri dengan harga yang cukup besar di banding harga jual di negara kita sendiri.

Jenis Usaha selanjutnya yang akan kita bahas dan mungkin jenis usaha ini juga bisa buat pertimbangan dalam memilih jenis-jenis usaha yang akan Anda lakukan adalah:

Jenis usaha ini biasanya di kaitkan dengan usaha kaki lima, tetapi Anda tidak boleh memandang sebelah mata, Bahwa usaha gorengan memang sangat menjanjikan dengan modal yang sangat minim tetapi hasilnya luar biasa, bahkan usaha ini sudah dilakukan oleh teman saya dan beliau bisa meraup keuntunga sebesar Rp 400.000 per harinya.
 Mungkin usaha ini biaya yang paling besar adalah untuk membeli sebuah grobak tempat untuk menjual gorengan tersebut, Apalagi jika Anda berjualan di kota-kota besar yang selalu banyak pengunjung seperti di alun-alun kota, maka usaha Anda akan sukses dan akan mendapatkan penghasilan yang besar, jika Anda masih belum percaya!! bisa Anda coba dari mulai sekarang untuk usaha gorengan.

Jenis usaha ini termasuk usaha yang tidak memerlukan modal yang besar dan bisa menghasilkan ratusan ribu bahkan jutaan per harinya, mungkin usaha ini patut Anda pertimbangkan jika Anda ahli dalam membuat jajanan gorengan.

Jenis Usaha ini juga tidak kalah penting buat pertimbangan untuk memilih jenis-jenis usaha yang baru akan Anda bangun, dan mungkin usaha ini juga akan Anda minati nantinya, karena jenis usaha ini adalah usaha yang tidak ada matinya selagi rambut masih tumbuh di kepala manusia yakni usaha jasa pangkas rambut.

  • Usaha Jasa Pangkas Rambut

Jenis Usaha ini tidak perlu Anda mengeluarkan isi kantong yang banyak, mungkin untuk memulai usaha jasa pangkas rambut cukup dengan jutaan bahkan kurang, dan Anda jangan salah sangka soal penghasilan dari jenis usaha ini, karena usaha jasa pangkas rambut sangat menjanjikan dan berpenghasilan yang cukup besar, Coba Anda ingat berapa rupiah yang harus Anda keluarkan dari kantong Anda ketika Anda habis memangkas rambut? mungkin di kisaran antara 10000-15000 per kepala, dan berapa banyak orang perhari yang memangkas rambutnya? jika tempatnya di daerah yang ramai maka kemungkinan sekitar 20-30 orang per harinya yang memangkas rambut, sekarang tinggal dikalikan 15000 x 40 kepala = Rp 600.000 per hari. Coba Anda tebak pekerja apa yang mempunyai gaji sebesar Rp 600.000 per harinya? Untuk Anda mungkin bisa mencobanya dengan sekala kecil terlebih dahulu dengan membuka usaha pangkas rambut di rumah Anda memanfaatkan ruangan yang kosong dan Anda bisa mulai usaha tersebut dari sekarang. Dan target pertama Anda adalah teman dekat Anda dan tetangga Anda.

Jenis Usaha selanjutnya yang tidak memerlukan modal besar tetapi penghasilan yang besar.
Mungkin usaha ini akan cocok bagi Anda yang senang terhadap peternakan karena jenis usaha ini menyangkut tentang peternakan yaitu:

Jenis usaha ini tergolong usaha kecil menengah dan bisa Anda lakukan dengan modal seadanya untuk memulainya.
Jangkrik adalah termasuk serangga untuk pakan burung atau ikan, dan bahkan di sebagian kota ada yang membuat kripik atau gorengan terbuat dari bahan pokok jangkrik, usaha ternak jangkrik sangat mudah di lakukan dan tidak memerlukan keahlian yang khusus Anda juga bisa asal Anda ulet dalam mempelajari ternak jangkrik tersebut, Usaha jangkrik mungkin Anda bisa memulainya dengan sekala kecil terlebih dahulu dengan memanfaatkan lahan yang Ada, jika memang Anda sudah mengerti di bidang ternak jangkrik dan mempunyai modal yang lumayan cukup, maka Anda bisa memperbesar usaha Anda. Dan untuk memulai usaha ternak jangkrik bisa di mulai dengan modal satu juta bahkan kurang, dan biasanya jangkrik akan di panen setelah kurang dari satu bulan sekali, berarti usaha jangkrik termasuk cepat dalam per putaran uangnya. Media ternak jangkrik dengan menggunakan kotak yang terbuat dari teriplek dan ukuran besar kecilnya bisa di sesuaikan dengan keadaan jumlah jangkrik tersebut.

Pakan jangkrik bisa menggunakan dedaunan yang lembut seperti daun singkong, dan sejenis rumput lainnya, Jenis usaha ini bisa di lakukan oleh siapa saja tidak terkecuali Anda yang sedang mencari peluang usaha. Maka mungkin usaha ternak jangkrik ini bisa Anda jadi bahan pertimbangan dalam memilih jenis-jenis usaha yang akan Anda bangun.

Jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar adalah:

Merpati banyak diminati karena mempunyai kemampuan terbang dan daya ingat yang tinggi. Melalui kemampuan itu, merpati bisa terbang bebas dan bisa pulang kembali, meski harus melampaui jarak tempuh yang cukup jauh. Selain untuk tujuan lomba atau balapan, masih banyak lagi manfaat ternak merpati yang menjadi daya nilai ekonomis seperti pecel burung merpati, bakar gulung merpati, dan sebagainya bahkan kotoran burung merpati bisa menjadi pupuk yang lebih ampuh dari pada pupuk kandang. Sehingga menjadi komoditas bernilai ekonomi tinggi.

Ternak burung merpati sangat mudah dan tidak harus mempunyai keahlian yang khusus dalam ternak merpati, Asalkan Anda mempunyai lahan maka Anda bisa ternak merpati dengan sekala besar dan tidak ada hal-hal khusus untuk mengawinkan burung merpati, tidak seperti burung-burung lainnya yang harus ada perlakukan khusus untuk di kawinkan, burung merpati akan mencari pasangan dan kawin dengan sendirinya, cukup mudah di lakukan oleh siapa saja, bahkan bagi Anda yang belum mempunyai keahlian di bidang ternak burung merpati pun bisa melakukannya. Jenis usaha ini memang sangat menjanjikan dan tidak perlu mempunyai modal yang besar untuk memulainya, dan usaha ternak burung merpati bisa menyatukan dengan usaha sayuran, dengan memanfaatkan kotoran merpati tersebut, karena kotoran merpati sangat baik untuk pupuk sayuran bahkan lebih baik dari pada pupuk kandang.

Jenis-jenis usaha modal kecil kali ini mungkin akan di sukai oleh para pecinta dunia maya atau sering nongkrong di dunia maya (online) saya akan bahas beberapa jenis-jenis usaha online yang tidak memerlukan modal yang besar tetapi bisa menghasilkan jutaan bahkan ratusan juta perbualan-nya di antaranya yaitu:

  • Youtuber


Mungkin jika Anda adalah salah satu yang suka nongkrong di dunia maya maka kata youtuber  mungkin tidak asing lagi bagi Anda, dan saya akan sedikit menjelaskan bagi orang yang awam tentang youtuber, sebelum mengenal kata youtuber Anda harus tahu terlebih dahulu tentang Youtube.
Youtube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) popular di mana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi video secara gratis. Umumnya video-video di Youtube video music, Filem dan bahkan sekarang semua video sudah ada di youtube.
Pengertian Youtuber adalah: Seseorang dapat di sebut atau dikatakan sebagai Youtuber. Apabila dia telah menjadikan situs Youtube sebagai media untuk berbagi video dirinya. Baik itu berupa video humor, horor, filem, dan lain-lain.

Maka dengan Anda membuat video dan mengunggahnya di youtube serta banyaklike dan di tonton oleh banyak orang hingga ribuan view atau ratusan view bahkan sampai jutaan view, adalah keinginan setiap youtuber. Sebab video dengan view yang banyak adalah rizqi bagi para youtuber untuk mendapatkan ribuan dollar dari setiap penonton yang menonton video mereka. Kenapa Bisa dapat dollar? Hal ini dikarenakan video yang di tonton oleh pengguna Internet akan di ada tayangan iklan dari periklanan Google AdSense sehingga pemilik video akan mendapatkan dollar dari setiap iklan yang di lihat pengunjung video mereka (hal ini berlaku pada video yang telah dimonetisasi)

Untuk menjadi Youtuber tidak perlu mengeluarkan uang, menjadi youtuber gratis sama seperti membuat media sosial lainnya seperti Facebook, dan lain-lain. Nah jenis usaha ini cocok bagi Anda yang sering nongkrong di dunia maya alias online, dari pada Anda mubah-mubah paketan Anda mending di jadikan lapak usaha untuk mencari dollar.

Jenis usaha modal kecil lainnya yang mungkin perlu di pertimbangkan bagi Anda yang suka nongkrong di dunia maya adalah:

Mungkin pengertian blogger hampir sama dengan pengertian youtuber, perbedaannya hanyalah jika youtube dengan video kalau blogger adalah dengan artikel-artikel bisa juga campuran antara tulisan, video dan foto itu adalah blog, Dan cara menghasilkannya juga sama seperti dari youtub yaitu dari iklan yang di berikan oleh Google AdSense ke blog mereka, cara perhitungannya juga sama, jika view semakin banyak maka penghasilan pun akan semakin besar bahkan sudah banyak para blogger dan juga youtuber yang bisa menghasilkan puluhan juta bahkan ratusan juta setiap bulannya, Seperti Eka lesmana, yang sukses dari blog nya.

Jenis usaha ini juga bisa di bilang usaha yang tidak memerlukan modal yang besar, karena untuk membuat blog semuanya gratis tidak dipungut biaya sedikit pun. mungkin Anda bisa melihat blog saya ini salah satunya, saya juga termasuk usaha penari dollar di dunia maya menggunakan blog ini, dan saya juga berharap bahwa blog saya ini bisa mengikuti jejak-jejak para blogger yang sukses amin.

Jenis usaha modal kecil selanjutnya. Ini juga termasuk Jenis usaha online yang tidak perlu mempunyai modal yang besar, tetapi Anda bisa meraih penghasilan yang cukup besar yaitu:

  • Affiliate 

Kata affiliate berasal dari bahasa inggris Affiliate yang berarti: bergabung, ikatan, atau yang bisa diterjemahkan sebagai suatu ikatan kerja atau bisnis. Sedangkan Reseller secara bebas dapat di artikan orang yang menjual ulang suatu produk dengan kesepakatan pembagian komisi dengan pemilik produk.

Sistem Affiliate adalah suatu sistem pemasaran yang sedang tumbuh pesat di dunia eCommerce karena keahlian-nya  dalam memperkenalkan produk kebanyakan orang dengan waktu singkat dan biaya yang murah. Contoh jika Anda menawarkan produk kepada orang kemudian orang tersebut membeli produk tersebut plantara Anda, maka Anda akan di beri komisi oleh si pemilik produk dengan jumlah yang lumayan besar, tergantung produk yang terjual. itu dinamakan Affiliate marketing.

Jadi intinya jika Anda ingin jualan produk tetapi Anda tidak memiliki produk sendiri maka Anda bisa menjadi Affiliate Marketing dengan menjual produk-produk orang lain, di dunia Internet, berarti syaratnya Anda harus mempunyai situs web atau blog. Jenis usaha ini banyak di minati oleh para blogger dan para Internet Marketing, karena menjadi Affiliate syaratnya gampang, dan bisa meraup keuntungan yang sangat besar jika Anda ahli dalam mempromosikan dan menjual sebuah produk. Jika Anda suka jualan produk dan ahli dalam memasarkan produk maka jenis usaha ini perlu Anda pertimbangkan dan apalagi Anda suka nongkrong didunia maya alias Internet.

Jenis usaha modal kecil yang bersangkutan dengan dunia maya adalah:

Mengerjakan Survei

Survei adalah pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif.
Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara. Dengan tujuan untuk mengetahui siapa mereka dan siapa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan.
Contohnya jika ada penelitian tentang pengguna suatu produk perusahaan dan mereka bertanya berbagai macam pertanyaan yang bersangkutan dengan produk mereka, maka Anda akan di bayar setelah jawaban Anda lulus seleksi oleh para situs penyedia survei tersebut.Caranya gampang Anda tinggal gabung dengan situs-situs penyedia survei seperti situs tinjau banding, maka Anda setiap harinya akan di minta menjawab semua pertanyaan yang di kasih dari situs tersebut, setelah Anda berhasil menjawab maka Anda akan mendapatkan imbalan, besar kecilnya imbalan tergantung seberapa sulitnya survei yang di berikan kepada Anda.

Kesimpulan:

Itulah salah satu Jenis-jenis usaha modal kecil yang mungkin bermanfaat bagi Anda untuk mempertimbangkan dalam memilih jenis usaha yang akan Anda jalankan, dan mudah-mudahan adanya penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk mencerahkan dan memecahkan masalah dalam pencarian peluang usaha, salam sukses. Jika tulisan ini merasa berguna bagi orang maka bagikanlah kepada orang lain, semoga dengan kita banyak memberi solusi kepada orang lain, kita mendaptkan pahala yang besar amin.



Previous Post
Next Post