Minggu, 10 Desember 2017

CARA MELATIH AYAM ADUAN


Tidak mudah membuat seekor ayam menjadi jago adu yang tangguh. Usaha itu memerlukan kecermatan dan kesabaran. Kemenangan dalam bertarung bukan suatu kebetulan, melainkan dari hasil keseriusan melatihnya.
Sasaran latihan pada ayam aduan adalah untuk mengembangkan kemampuan bertarung, mental, dan kondisi badan yang kuat, sehat, dan napas yang panjang, setiap hari ayam harus dimandikan dan dilepas untuk menghirup udara segar.

Melatih Otot Kaki Dan Sayap

Latihan lari diperlukan agar otot kaki lebih kencang dan kepakan sayapnya lebih kuat. latihan dilakukan pada pagi hari pukul 06:00-07:00. Masukan ayam betina yang masih dara kedalam kandang umbaran untuk memancing sifat kejantanannya, yaitu sifat tertarik pada ayam betina dan sikap memusuhi ayam jago yang lain. Karena ayam dara tersebut tidak mau dikawini. Ayam jantan akan mengejarnya. kegiatan ini akan membantu pembentukan otot sayap dan kaki dan pandangan mata lebih tajam.

Latihan dapat juga dilakukan dengan menggunakan untul, yaitu memancing nafsu emosi yang dilatih dengan ayam jantan lain. Dengan memeganginya, ayam untul di gerakan di hadapan ayam jago yang sedang dilatih agar mengejar ke depan, ke belakang, ke kiri, ke kanan, mundur, dan ke atas, penggunaan untul sangat bermanfaat untuk meningkatkan kejantanan dalam bentuk greget, yaitu suatu usaha untuk menjatuhkan mental lawannya, juga untuk melatih pernapasan.

Senam Kaki

Latihan kaki adalah latihan yang sangat melelahkan. Kegiatan dilakukan sekitar 5 menit atau sampai lelah. Pengaruh cengkraman ayam akan lebih kuat, juga ayam tersebut akan lebih pandai mengatur posisi dan gerak untuk melakukan penekanan terhadap lawan juga mampu mengatur pernapasan dan keseimbangan badan. Caranya adalah dengan menekan bagian punggung ayam sampai posisi badan mendekati lantai atau setengah mendekam, ayamtersebut di dorong ke kiri, ke kanan, maju, mundur, menurut kehendak pelatihannya.

Lontar Tubuh

Selain dengan untul, latihan melompat juga dilakukan dengan melontarkan tubuh ayam ke udara. Caranya adalah dengan memegang ayam bagian depan dan bagian belakang, kemudian lemparkan ke atas dengan tangan kanan. Fungsi lontar ayam adalah agar mampu melompat sampai melakukan pukulan kepada lawan, serta meredam serangan lawan.

Jenturan Dan Tenggeran

Menjantur adalah perlakuan mengangkat ayamsetinggi 1 meter dengan memegang kuat pangkal ekor. Ayam yang terangkat, ekor di atas dan kepala di bawah, akan sangat keras menggepakan sayap dan kakinya, tetapi makin lama makin lambat gerakannya. Pejanturan dilakukan setelah ayam di mandikan, lalu di jemur dengan tujuan melatih keseimbangan di udara dan melakukan pendaratan di tanah dengan baik. Selain itu, berguna untuk melatih otot kaki dan sayap agar kuat, melatih pernafasan panjang, dan melatih agar gerakannya lebih lincah. Selain dengan penjanturan,
Previous Post
Next Post