Rabu, 03 Januari 2018

CARA MEMPERBAIKI MEMORY CARD YANG RUSAK ATAU TIDAK TERBACA

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang cara memperbaiki memory card yang rusak atau tidak terbaca. Sebelum kita membahas cara memperbaikinya lebih baik kita mengetahui penyebabnya, kemudian setelah penyebabnya ketemu baru kita perbaiki, karena memory card rusak ada beberapa faktor penyebabnya di antaranya :

  • Terkena minyak atau kotoran
Hal seperti ini sering juga terjadi penyebab kerusakan kartu memory card, yang menimbulkan memory tidak terbaca oleh perangkat seluler, bisanya hal ini bisa di perbaiki dengan cara membersihkannya dengan menggunakan tisu basah dan sebagainya, penyebab kerusakan seperti ini yang paling mudah di perbaiki.

  • Sering memindahkan kartu memory
Nah jika Anda sering memindahkan kartu memory ini juga bisa menjadi penyebab kerusakan kartu memory, dan hal seperti ini bisa mengakibatkan fatal, karena sering memindahkan kartu memory card bisa menimbulkan kerusakan pada kuningan yang nempel di kartu memory, jika kuningan tersebut habis maka kartu memory tidak akan terbaca dengan menggunakan perangkat apapun, karena seperti kabel yang terputus, karena kuningan tersebut adalah merupakan kabel kartu memory card. Jadi sebaiknya Anda jangan terlalu sering memindahkan kartu memory, dan sedikit tambahan jika Anda mau melepas atau memindahkan kartu memory jangan terburu-buru lebih baik perangkat seluler Anda di matikan terlebih dahulu.

  • Terkena virus
Nah hal ini yang paling sering terjadi, karena banyak virus yang bisa membuat kartu memory Anda menjadi rusak dan tidak bisa terbaca data pun hilang semua. Untuk mencegahnya Anda harus berhati-hati dalam menyimpan file dari manapun kalau bisa perangkat seluler Anda di kasih anti virusnya biar terdeteksi jika Anda virus yang masuk ke perangkat seluler Anda.
Jika kartu memory Anda sudah terserang virus dan rusak biasanya Anda harus melakukan format kartu memory card tersebut supaya bisa terdeteksi lagi oleh perangkat seluler Anda, dan yang pasti datanya akan hilang semuanya.

  • Memindahkan dari Hp BB Ke Hp Android lainya
Jika Anda pernah memindahkan kartu memory card dari Hp BB ke Hp Android lainnya kemudian kartu memory Anda jadi tidak terbaca atau file menjadi kosong, maka Anda jangan heran, karena memang jika memory card di gunakan Hp BB maka jika di pindahkan datanya tidak akan terbaca, maka karena itu, jika Anda mempunyai Hp BB dan Hp Android lainnya di usahakan kartu memorynya jangan di pundah pindah, jika memang terpaksa mau di pindahkan terlebih dahulu file penting Anda yang Ada di dalam memory card Anda pindahkan dulu ke perangkat lainya atau ke komputer. Karena jika sudah terjadi maka memory Anda tidak akan bisa di perbaiki lagi dan datanya akan hilang semua.

  • Penyimpanan terlalu banyak
Hal seperti ini juga bisa menyebabkan rusak atau tidak terbacanya kartu memory card, bahkan terlalau banyak data atau sering bekerja dengan waktu yang lama akan mengaikabatkan blank terhadap perangkat seluler Anda, seperti sering bermain game dengan waktu yang lama dan sebagainya.

Jadi intinya jagalah kebersihan memory card Anda dan perlakukan dengan baik, karena menyesal tidak ada yang duluan, sebelum terjadi data penting Anda hilang dengan begitu saja, maka rawat dengan benar dan menggunakannya dengan benar, supaya memory card Anda akan baik-baik saja.
Previous Post
Next Post