Selasa, 20 April 2021

PANDUAN LENGKAP CARA BUDIDAYA BSF MODEREN TANPA BAU

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Para pembaca yang setia kali ini saya akan membahas bagai mana cara Budidaya BSF moderen tanpa bau.
Nah mungkin ada yang belum mengetahui apa itu BSF? BSF adalah Black Soldier Fly atau lalat tentara hitam, Lalat BSF ini adalah lalat yang tidak menyebarkan penyakit kepada manusia melainkan memberi manfaat yang besar bagi manusia khusus bagi para peternak, karena lalat BSF bisa memproduksi magot yang bisa di jadikan sebagai pakan ternak unggas atau ikan, dan ternyata kandungan di dalam magot mempunyai protein yang cukup tinggi sekitar 50-70% yang bagus bagi pertumbuhan peternak.

Nah karena itu lalat tentara hitam ini sekarang sudah banyak di budidayakan oleh para peternak unggas atau ikan, karena sangat menguntungkan bagi para peternak di antaranya bisa menekan biaya pakan ternak dan bisa menaikan penghasilan dari peternakan tersebut.

Tetapi sebagian para pembudidaya BSF ada yang tidak mengetahui cara budidaya BSF yang benar mereka budidaya nya dengan media yang jorok dan berbau busuk, maka dari itu saya akan memberi sedikit informasi tentang bagaimana cara budidaya BSF moderen tanpa bau. Anda bisa nonton dulu Video tentang panduan budidaya BSF tersebut.



Jika Anda tertarik dengan budidaya BSF maka Anda bisa Subscribe untuk terus tonton video tentang budidaya bsf tersebut.

Untuk memulai budidaya BSF untuk pemula ada 2 pilihan di antaranya :
1. Anda bisa memulainya dengan membeli magot BSF
2. Anda bisa memulainya dengan mencari sendiri dari alam

Nah jika Anda akan memulai untuk budidaya lalat BSF dengan membeli magot BSF maka saya sarankan Anda membelinya dari pembudidaya BSF yang sudah ahli dan terpercaya, dan sebelumnya Anda sebaiknya pelajari terlebih dahulu siklus hidup lalat BSF dan pelajari cara budidayanya, agar di kemudian hari Anda tidak menyesal, karena harga magot BSF lumayan mahal.

Dan jika Anda memulainya akan bertahap dan mencari sendiri dari alam, Anda sebaiknya mencari di tempat yang dekat dengan pembuangan sampah organik atau di dekat kotoran ayam, karena biasanya lalat tentara hitam akan bertelur di sekitar media tersebut. Atau Anda bisa memancingnya dengan media pengikat lalat bsf tersebut.

Cara Membuat Media Pengikat Lalat BSF

Untuk membuat media pengikat bsf sangat mudah karena ini sama dengan cara pembuatan EM4 tetapi untuk pengikat BSF tidak perlu teratur dalam timbangan media dan waktunya, pokonya jika media sudah tercium aroma tape berarti media tersebut sudah jadi dan bisa di gunakan untuk memikat lalat BSF supaya bertelor di sekitar media yang Anda buat. Bahan-nahan pembuatan media pengikat lalat BSF di antaranya :

 
  1. Bekatul
  2. Buah-buahan
  3. Sayuran
  4. Gula merah
  5. Air beras
Cara pembuatan :
Cincang atau blender buah-buahan dan sayuran kemudian kalau sudah di blender campurkan dengan bekatul gula, dan air beras.
Catatan: ukuran secukupnya saja yang penting media semuanya ada, dan setelah di aduk rata maka masukan kedalam wadah yang tertutup dan simpan di tempat yang teduh, tunggu beberapa hari sampai aroma nya menjadi bau tape, setelah tercium bau tape maka bahan sudah siap kita gunakan sebagai pengikat lalat BSF. jika Anda kurang jelas tonton videonya di channel di atas tadi dan subscribe agar Anda di beri tahu jika ada video yang baru tentang budidaya lalat BSF. Sebenarnya jika Anda ingin lebih praktis Anda bisa mencari magitnya di alam, biasanya berada di sekitar kandang ayam atau berada di kotoran kandang ayam.
 
Jika ingin lebih cepat lagi Anda juga langsung bisa beli mahir atau pre pula yang sudah siap netas menjadi lalat dewasa, sekarang harga mahir juga tergolong murah di banding dulu pas rame-ramenya tentang lalat BSF harganya nyampe 200,000/Kg, tapi sekarang paling 15Rb/kg kondisi masih magot, jika pree pupa sekitar 50,000/kg dan Anda udah bisa ternak lalat BSF dengan sekala besar karena dari awal 1kg bisa menghasilkan magot yang lebih banyak, dan hasilnya bisa di buat calon indukan semua, setelah banyak banget baru magitnya bisa di jual atau di jadikan pakan alternatif ternak Anda seperti ikan, ayam dan sebagainya.

Sekarang sudah banyak yeng ternak lalat BSF bahkan udah ada yang menjadi CP dan juga PT, karena dari magot bisa di jadikan tepung magot untuk pengganti tepung ikan yang harganya lumayan mahal, makannya hadirnya magot menjadi salah satu solusi bagi para peternak ikan dan unggas karena bisa meminimalkan biaya pakan tentunya, dan meningkatkan protein hewani dari tepung magot tersebut.

Manfaat Budidaya Lalat BSF Bagi Para Peternak

Apa sih manfaat budidaya lalat BSF bagi para peternak? Manfaatnya sebenarnya sangat banyak tetapi salah satunya adalah bahwa para peternak bisa meminimalkan biaya pakan dengan adanya lalat BSF karena para peternak mampu membuat pakan alternatif yang biayanya relatif murah tetapi tidak murahan dalam segi kandungan yang berada di magot BSF salah satunya.
Jadi para peternak setelah bisa membudidayakan lalat BSF maka akan bisa meningkatkan penghasilan dari usaha ternaknya,
 
 Terimakasih telah berkunjung dan semoga berhasil.

Previous Post
Next Post