Tuesday, May 1, 2018

thumbnail

Tips Sukses Budidaya Black Soldier Fly (BSF)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera dan sukses selalu, Selama ini yang menjadi permasalahan dalam dunia peternakan di antaranya adalah tentang harga pakan yang semakin naik, sedangkan hasil dari peternakan tersebut tidak kunjung naik, seakan hal ini menjadi tekanan bagi para peternak dan menurunkan penghasilan dari peternakan tersebut, karena semakin tingginya biaya pakan yang harus di keluarkan untuk peternakan.

Sekarang para peternak sedang berusaha mencari solusinya untuk menekan biaya pakan tersebut dengan berbagai cara, Salah satunya pasokan pakan yang murah atau bahkan bisa di dapatkan dengan gratis, yang mana pakan ini sebagai tambahan pakan yang mengandung kandungan protein yang cukup besar, yang mana dalam peternakan asupan protein sangat di butuhkan, karena protein salah satunya kebutuhan asupan pakan bagi ternak.

Dan alhamdulillah sekarang sudah ada beberapa cara untuk menekan biaya pakan salah satunya dengan budidaya lalat Black Soldier Fly (BSF). Lalat Bsf adalah salah satu hwean yang termasuk ke golongan lalat tetapi yang satu ini tidak menyebarkan penyakit bagi manusia, bahkan lalat Black Soldier Fly (BSF) memberi manfaat bagi para peternak karena lalat ini bisa memproduksi magot.
Yang mana magot tersebut bisa di jadikan pakan alternatif buat peternakan yang cukup baik bagi pertumbuhan ternak baik segi ternak unggas atau ternak ikan. Karena magot yang di hasilkan dari Lalat Black Soldier Fly (BSF) ini mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi sekitar 50-65%, yang mana protein salah satu faktor pasokan pakan yang perlu ada dalam pakan ternak.

Sekarang lalat Black Soldier Fly (BSF) sudah banyak di budidayakan oleh para peternak dengan tujuan supaya bisa menekan biaya pakan ternak dan supaya bisa meningkatkan penghasilan dari usaha peternakan tersebut. Dan sayangnya lalat BSF belum begitu meluas di kalangan masyarakat dan bahkan banyak yang sudah mencoba budidaya lalat Black soldier Fly ini tetapi hasilnya tidak memuaskan, karena kemungkinan besar belum sepenuhnya mengetahui cara untuk berbudidaya lalat BSF tersebut. Nah kali ini mungkin saya akan sedikit menjelaskan Tips Sukses Budidaya Lalat Black Soldier Fly (BSF).

Nah sekarang mari kita bongkar bersama permasalahan yang selama ini Anda pernah berbudidaya lalat BSF tetapi hasilnya tidak memuaskan.
Sebagian orang sudah banyak yang berhasil berbudidaya lalat Black Soldier Fly (BSF) tetapi sebagian ada yang gagal atau bahkan baru mau memulai, nah mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda yang belum berhasil atau yang baru memulai budidaya lalat Black Soldier Fly (BSF).

Nah mungkin bagi Anda yang baru akan kebingungan dari mana mendapatkan lalat Black Soldier Fly (BSF) tersebut. Untuk mendapatkan lalat BSF tersebut Anda bisa dengan membelinya dari peternak lalat Black Soldier Fly (BSF) dari peternak yang sudah terpercaya, atau Anda bisa memulainya dengan mencari sendiri dari alam, jika Anda akan mencari sendiri dari alam maka ada beberapa tips cara untuk mendapatkan lalat Black Soldier Fly (BSF). Yang di maksud di atas bukan berarti kita akan memburu lalatnya karena jika Anda memburu lalatnya akan kesusahan, yang kita cari dari alam itu magotnya yang nantinya kita ternak sampai menjadi lalat Black Soldier Fly (BSF) dewasa, Nah untuk mencari magot Black Soldier Fly (BSF) Anda bisa cari di sekitar limbah sayuran atau limbah kotoran ayam, dan mungkin bagi Anda yang baru akan kebingungan yang mana magot atau belatung lalat Black Soldier Fly (BSF) dengan lalat hijau, ciri-ciri magot BSF di antaranya :

  1. Pergerakan magot BSF lebih lamban di bandingkan dengan magot lalat hijau
  2. Tubuh magot BSF lebih pipih di bandingkan dengan magot lalat hijau
  3. Tubuh lalat BSF memiliki bulu kecil di sekitar tubuhnya.
Nah mungkin 3 hal di atas bisa memberi petunjuk bagi Anda yang baru mengenal lalat atau magot dari lalat Black Soldier Fly (BSF) agar nantinya Anda tidak salah mengambil magot antara magot BSF dan magot lalat hijau. Mungkin Anda bisa lihat Video di bawah biar lebih jelas tentang pencarian magot BSF dari alam.





Nah selanjutnya anggap saja Anda sudah mendapatkan magot lalat Black Soldier Fly (BSF), tinggal bagaimana cara merawat magot tersebut, pertama Anda harus menyiapkan media untuk magot. Media untuk pembesaran magot ada beberapa bahan yang bisa Anda jadikan sebagai media pembesaran magot di antaranya :

  1. Limbah pisang atau cangkang pisang
  2. Hampas tahu
  3. Bekatul atau dedak
  4. Limbah budidaya jamur tiram (baglog)
Nah 4 bahan di atas Anda bisa di jadikan sebagai media untuk hidupnya magaot lalat Black Soldier Fly (BSF) untuk cara meraciknya mungkin Anda bisa lihat Video di bawah ini.



Nah bahan yang sudah di jelaskan dalam video tersebut bisa Anda gunakan sebagai media pengikat lalat BSF supaya nantinya ada lalat BSF yang bertelur di media tersebut caranya Anda bisa dengan menggunakan bahan tersebut dan di atas media Anda taruh tempat untuk bertelurnya lalat BSF supaya nantinya mudah untuk mengambil telur lalat BSF tersebut, dengan menggunaka kardus yang agak tebal, taruh kardus yang sudah berukuran kecil di atas media pengikat tersebut supaya nantinya lalat akan bertelor di sela-sela lubang kardus.

Nah selanjutnya mungkin Anda juga perlu tahu hal-hal tentang penyimpanan kandang lalat Black Soldier Fly, karena ini salah satu untuk mempercepat lalat berkawin, jadi untuk penempatan kandang lalat BSF sebaiknya buat kandang BSF yang terkena sinar matahari langsung supaya lalat cepat berkawin dan akan cepat menghasilkan telor lalat BSF tersebut.

Dan selanjutnya Anda harus memahami cara perawatan magot, karena banyak juga yang gagal dalam merawat bagot tersebut, jadi Anda harus memahami betul cara perawatan magot supaya tumbuh besar dan nantinya bisa di jadikan calon indukan lalat BSF dewasa.

Nah mungkin Anda bisa tonton terus video-video tentang budidaya BSF di Channel ABCD di youtub yah
, karena insa Allah akan terus update tentang Budidaya lalat Black Soldier Fly (BSF) di sana.
Jadi biar Anda tidak ketinggalan video-video terbaru tentang budidaya lalat Black Soldier Fly (BSF) Anda bisa berteman dengan menekan tombol Subscribe dan like biar setiap ada video baru nantinya ada pemberitahuan kepada Anda dan nantinya Anda tidak akan ketinggalan tentang Budidaya lalat Black Soldier Fly (BSF) tersebut.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments