Saturday, April 22, 2017

thumbnail

CARA MEMBUAT PAKAN AYAM DENGAN BIAYA MINIM

Ayam kampung sebenarnya ayam yang pemakan segala sama kaya ayam hutan. Tetapi karena ayam kampung sudah menjadi hewan yang dekat dengan kalangan masyarakat kini ayam kampung sudah Ada di mana-mana di setiap kota. Untuk Usaha di bidang pembesaran ayam kampung sebenarnya bisa kita olah sendiri pakannya supaya biaya pakan bisa teratur dan tidak membutuhkan biaya yang besar, dan khasitnya juga tidak berbeda dengan pakan-pakan dari pabrik.
Faktor utama kegagalan usaha di bidang budi daya ayam kampung sekala besar adalah merupakan dari pakan yang pertahunnya terus meningkat sedangkan harga ayam setandar tetap harganya, karena biasanya untuk pembesaran ayam 1 ekor akan membutuhkan beberapa kg pakan ayam hingga panen, dan itu pun, akan ada hasilnya jika ternak kita tidak ada yang mati, sedangkan pasti selalu ada yang mati di dalam usaha budi daya ternak ayam kampung, maka dari sanalah banyak peternak ayam kampung yang merasa usaha budi daya ayam kampung tidak ada hasilnya. Padahal jika kita kreatif dalam pengolahan pakan usaha budi daya ayam kampung sangatlah menjanjikan. Saya akan menjelaskan sedikit pengalaman saya dalam membuat pakan ayam dengan biaya minim.
Bahan-bahan pembuatan pakan ayam di antaranya :
  1. Pakan dari pabrikan.
  2. Bekatul.
  3. Daun singkong.
  4. Daun pepaya.
Cara meraciknya :
Campurkan semua bahan-bahan tersebut dan jangan lupa untuk daun singkong dan daun pepaya terlebih dahulu iris kecil-kecil daun tersebut, setelah di campurkan aduk hingga merata dan perbandingannya adalah 1kg pakan pabrikan, 1 kg bekatul, 1/2 kg daun singkong yang di iris kecil-kecil, 1/2 kg daun pepaya yang sudah di iris kecil-kecil juga, setalah di aduk tuangkan air hangat kedalam adonan pakan tersebut dan aduk kembali hingga benar-benar merata, setelah agak dingin kasih pakan tersebut ke ternak ayam tersebut. Biasanya saya sebelum memakai pakan racikan sendiri setiap kasih pakan ayam yang banyaknya 100 ekor menghabiskan 3kg pakan pabrikan, tetapi setelah saya pake pakan racikan sendiri ternyata dalam satu kali memberi pakan saya hanya membutuhkan 1kg pakan dari pabrikan, dan ternyata dalam satu mingguan saya kasih pakan racikan kepada ternak ayam tersebut bobot berat badannya pada bert-berat saya sangat kagum dan alhamdulillah saya sampai bisa merasakan manisnya dari menjual ayam tersebut he he.
Manfat dari pakan racikan di antaranya :
  1. Mengurangi biaya pakan.
  2. Memperkuat daya tahan tubuh ternak dari penyakit.
  3. Rasa daging ayam akan gurih seperti ayam kampung aslinya.
  4. Pertumbuhan ayam lebih cepat.
  5. Bobot ayam akan lebih berat.
  6. Ayam akan lebih lincah.
  7. Bulu ayam akan lebih mengkilap.
 Dan Anda juga bisa langsung memberikan jamu tradisional untuk ayam, supaya ayam tidak terkena berbagai penyakit, daya tahan tubuh menjadi kuat.
Bahan-bahan di antaranya :
  1. Bawang putih.
  2. Bawang merah.
  3. Jahe merah.
Caranya Anda parud bahan-bahan tersebut hingga halus dan kemudian campurkan kedalam air yang akan di campurkan kedalam media pakan racikan tersebut, dan aduk hingga merata.
Manfaat ramuan tersebut di antaranya :
  1. Tubuh ayam kebal dari berbagai penyakit.
  2. Bisa mengobati ayam yang terserang penyakit.
  3. Bulu ayam menjadi kuat.
  4. Kotoran ayam tidak mudah menimbulkan belatung.
  5. Ayam menjadi lincah dan sehat.
Sekian tentang pengalaman saya tentang cara membuat pakan ayam dengan biaya minim. Jangan lupa baca juga Tips sukses usaha budi daya ayam kampung untuk pemula. 

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments