CARA MENANGGULANGI IKAN GURAMI YANG TERKENA PENYAKIT JAMUR

Dalam usaha budi daya ikan gurami tidak selamanya mulus, karena kemungkinan ternak gurami kita suatu saat akan mengalami serangan penyakit, di antara penyakit yang sering menyerang ikan gurami adalah penyakit jamur. Ciri ikan yang terkena penyakit jamur adalah tubuh ikan keputihan seperti ikan yang sudah mati mulai membusuk itu ciri-ciri ikan yang terkena penyakit jamur, biasanya ikan yang sudah terkena penyakit jamur dia akan selalu ada di permukaan air dan sipatnya tidak lincah seperti biasanya ikan, dan badanya kurus seperti kekurangan pakan walupun sebenarnya pemberian pakan selalu rutin setiap waktunya.
Memang ikan yang sudah terserang penyakit ini sulit untuk di sembuhkan. Faktor utama adanya penyakit ini adalah suhu cuaca yang tidak menentu biasanya cuaca sangat dingin jika dimalam hari,
Cara untuk mengobati ikan gurami yang terkena penyakit jamur di antaranya :
  1. Menggunakan garam, jika ikan terserang penyakit jamur Anda harus rutin menaburi garam kedalam kolam ikan gurami setiap harinya dalam satu minggu, ukuruan pemberian garam tergantung besar kecilnya ukuran kolam dan banyak sedikitnya air di kolam tersebut bisa Anda kira-kirakan sendiri.
  2. Daun pepaya, daun pepaya ini bisa mengurangi berbagi penyakit dalam ikan, biasanya caranya Anda cincang daun pepaya sampai ukuruan kecil-kecil dan taburkan dalam kolam ikan tersebut, tetapi jangan kebanyakan jangan sampai air di kolam berubah baunya, tetapi jika warna berubai menjadi hijau lebih bagus asalkan jangan berubah bau airnya tidak seperti air biasanya.
  3. Benggol pisang. Benggol pisang bisa mengobati penyakit jamur, caranya dengan mencincang benggol pisang sampai ukuran kecil-kecil, kemudian taburkan dalam kolam ikan yang terkena penyakit jamur tersebut, media ini bisa anda lakukan juga dalam pencegahan, walupun ikan tidak terserang penyakit tapi untuk jaga-jaga Anda bisa menggunakannya dengan benggol pisang tersebut.
  4. Kebersihan air. Jika ikan terserang penyakit jamur Anda harus benar-benar memperhatikan kualitas air tersebut, kebersihan air adalah faktor utama keberhasilan dalam budi daya ikan.
  5. Daun sente. Jika ikan gurami terserang penyakit jamur Anda bisa menggunakan daun sente.
Anda bisa langsung menggunakan semua bahan-bahan yang sudah di sbutkan di atas, bisa Anda campurkan semuanya. Dan jangan lupa jika ikan Anda sudah menggunakan pakan dari pabrikan sebaiknya kurangi dulu pemberian pakan dari pabrikan jika ikan Adna terserang penyakit jamur.
Tips sukses usaha budi daya ikan gurami

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MENANGGULANGI IKAN GURAMI YANG TERKENA PENYAKIT JAMUR"

Post a Comment