USAHA BISNIS ONLINE DAN MENGENAL IKLAN PPC

Google AdSense

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselanggarakan oleh google. Memulai program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (PPC) atau bayar per klik. Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense For search) dan iklan arahan (referal). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

PPC (Pay Per Click)

Apa itu PPC (Pay Per Click)? Secara  sederhana Pay Per Clik merupakan sebuah mekanisme periklanan yang dipasang dihalaman web tertentu dimana si pemasang iklan tersebut akan membayar setiap pengunjung yang mengeklik iklan dihalaman web tersebut. Dengan demikian yang punya web atau blog akan menerima pembayaran dari penyelanggaraan Pay Per Click, baik yang berlokasi di Indonesia maupun yang ada di luar negri.
Saat ini cukup banyak yang menawarkn bisnis periklanan melalui media online seperti website pribadi, blog ataupun media online lainya, Seperti forum atau mailinglist. Namun untuk jenis forum dan mailinglist sangat jarang yang dipasang iklan PPC, karena tidak semua anggota dimedia tersebut mau menerimanya.
Ada beberapa jenis tampilan iklan yang beredar di dunia maya saat ini, antara lain iklan baris, iklan banner atau pun mini banner. Tampilannya ada yang horizontal dan ada juga yang vertical. Sedikitnya ada dua jenis iklan PPC ini, yaitu mengarah pada tampilan iklan dalam halaman hasil pencarian mesin pencari dan tampilan di halaman situs web sebagai banner atau iklan baris.
Seperti telah dijelaskan di atas bahwa saat ini cukup banyak penyelenggara PPC (Pay Per Click). Sebagai contoh yang paling populer adalah Google AdSense. Dengan Google AdSense kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan memasang script yang di ambil dari AdSense tersebut. AdSense menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dipilih seperti AdSense untuk pencarian, link unit, dan lain-lain. Di Indonesia ada beberapa Pay Per Click yang cukup baik dan sudah terbukti.
Jika Di web atau blog kamu sudah terpasang AdSense atau PPC lain, maka ketika pengunjung web atau blog kamu mengklik salah satu dari iklan yang ada di halaman web atau blog tersebut maka pemasang iklan akan dikenai biaya dari iklan yang di klik tersebut. Dan tentu saja kamu yang memiliki blog atau web akan menerima pembayaran yang disimpan dalam deposit sampai jumlahnya mencapai nilai minimal yang bisa di transfer atau dibayarkan kepada kamu.
Kemudian kamu akan bertanya berapa nilai rupiah atau dollar sekali klik iklan atau banner yang terpasang dihalaman web atau blog kamu? Nilainya bervariasi tergantung penyelenggaraanya. Kalau kamu menggunakan PPC local biasanya per klik iklan teks bernilai Rp300 sedangkan untuk banner atau mini banner bernilai Rp350. Namun demikian ada beberapa PPC yang berani membayar $0,50 sekali klik dari hasil penelusuran.
PPC (Pay Per Click) sekarang semakin populer. Tidak sedikit usaha yang menggunakan PPC untuk iklannya. Jika perkembangan teknologi ini terus berlanjut, maka PPC kemungkinan akan semakin kompleks dan semakin kompetitif, maka dari itu teknologiinformasi akan sangat penting untuk menjalankan bisnis PPC ini. Jika teknologi PPC diperkirakan ke depan semakin meningkat maka sudah pasti para teknologi Informasi khususnya Internet akan semakin nyara dan bermanfat. Satu kata Internet dan Teknologi beserta banyaknya publisher dan advertiser merupakan perang utama bisnis PPC ini.
Terus terang Teknologi akan sangat bermanfaat bagi manusia, baik dalam menyelesaikan pekerjaan, bisnis, termasukbisnis PPC. Manusia merasa lebih baik jika pekerjaan dilaksanakannya berdasarkan dara dan analisis. Maka sebagai alatnya adalah Teknologi Informasi, Khususnya komputer dan bahasa pemrogramannya. Maka dari itu banyak  piranti yang dapat digunakan untuk membantu manusia di seluruh dunia. Antara pekerjaan dan hasil jelas ada korelasi, jika data dan produk diolah serta dipasarkan dengan secra baik, jelas akan diminati oleh masyarakat, begitu juga dengan PPC, jika produk yang ditawarkan melalui Advertiser, maka publisher bisa dengan mudah membolehkan iklannya dipasang di web atau blog pemiliknya. Dengan demikian teknologisangat berguna bagi masyarakat di seluruh dunia karena orang memberikan yang lebih banyak waktu untuk menganalisis, melihat dan mencermati produk yang ada dan terpasang di sebuah tayangan iklan PPC melalui Advertiser tertentu. Maka dengan teknologi dan informasi memungkinkan orang untuk fokus dan benar-benar melihat manfaat dari tayangan

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "USAHA BISNIS ONLINE DAN MENGENAL IKLAN PPC"

  1. Daftarin situs web atau blog, kalau udah keterima entar di kasih kode iklnnya

    ReplyDelete