Saturday, December 9, 2017

thumbnail

CARA MEMILIH CALON AYAM BANGKOK ADUAN



Pemilihan ayam aduan yang bermental juara tidaklah mudah karena kita bisa saja terkecoh atau salah menaksir. Di pasar ada dua macam ayam aduan bangkok yang dijual, yaitu ayam bangkok asli dan ayam bangkok keturunan. Ayam bangkok asli adalah ayam yang benar-benar di datangkan dari Thailand. Keaslian ayam bangkok di tandai dengan sertifikat huruf BF, Selain itu, ditandai dengan adanya bulu-bulu halus berwarna kuning di antara bulu lain di seluruh tubuhnya, baik leher, sayap, punggung, maupun paha. Ayam ini sangat digemari karena memiliki daya tahan yang kuat dan daya pukul yang akurat.
Karakteristik calon ayam aduan yang baik dapat diamati dengan ciri-ciri sebagai berikut.

  • Kepala membulat panjang, berukuran sedang, beserta telinga berotot tebal, dengan leher membentuk sudut 155⁰. Paruh lurus kedepan, sedikit bengkok kebawah, paruh bagian atas beralur panjang warna putih bersih, jengger elastis seperti spon, bagian dasar meluas ke arah belakang, ujung jengger mengecil bentuknya membelok ke belakang, pial mengecil, dan cuping merah. Bentuk muka menipis, kulit muka tipis, mata agak kedalam, tulang mata cukup besar dan agak menonjol, biji mata hitam kecil, pancaran matanya bersinar putih ke kuning-kuningan.
  • Leher relatif panjang sesuai dengan panjang badan.
  • Tubuh bulat memanjang, brotot panjang, badan elastis, tulang dada lurus, sayap menguncup ke dalam, sela tulang tubis rapat, tulang pubis dan tulang dada menonjiol, warna bulu pada pangkal leher seragam sampai ke punggung.
  • Paha lebih daripada kaki bawah (perbandingan 4:3), bentuk paha dilihat dari samping gepeng, kaki di bawah paha kering, sisik meonjol, letak taji searah dengan ibu jari, dan jaraknya rapat. Jari kaki halus dan panjang, telapak pangkal jari harus bengkok, dan agak berjingkrak jika berdiri.
  • Ekor besar dan kaku, jarak antara tulang berutu dan tulang duduk sempit, bulu ekor tumbuh lurus ke belakang dan ujungnya menguncuk ke dalam.
  • Tulang dada cukup besar dan tebal.
  1. AYAM BANGKOK SANG JUARA PETARUNG 
  2. AYAM BANGKOK THAILAND JUARA TARUNG 
  3. CARA MENETASKAN TELUR AYAM BANGKOK 
  4. CARA MERAWAT AYAM ADUAN SUPAYA JADI JUARA 
  5. CARA PEMELIHARAAN ANAK AYAM BANGKOK REMAJA 
  6. CARA PENGEMBANGBIAKAN AYAM BANGKOK ADUAN 
  7. PERSIAPAN PENGEMBANGBIAKAN AYAM BANGKOK

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments