Selasa, 10 September 2019

Cara Memilih Telor Ayam Yang Baik Untuk Di Tetaskan


Pastinya para peternak akan berharap bisa maksimal dalam menetaskan telur, tetapi terkadang semua itu tidak semudah yang Anda bayangkan, jika ingin berhasil dalam menetaskan telur ayam tentunya ada beberapa faktor pendukung seperti salah satunya dalam pemilihan telur yang baik untuk di tetaskan.

Pemilihan telur untuk di tetaskan adalah salah satu kunci keberhasilan dalam menetaskan telur ayam, karena tidak semua telur ayam akan berhasil di tetaskan banyak juga telur yang jelek di kala di tetaskan. Kemudian bagaimana cara memilih telur yang baik untuk di tetaskan ??

Ciri-Ciri Telur yang baik untuk di tetaskan adalah :


  • Berat telur ayam kampung memiliki berat yang sedang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan, untuk berat telur ayam kampung sekitar 40-45 gram per butir itu ciri telur yang baik untuk di tetaskan dengan rata-rata telur ayam kampung.
  • Bentuk telur ayam kampung normal dalam artian bentuknya seperti telur ayam kampung biasanya, jika bentuk telur ayam tidak normal maka kemungkinan besar telur tersebut jelek jika di tetaskan.
  • Telur memiliki rongga udara, karena banyak telur yang tidak memiliki rongga udara, sedangkan jika telur tidak memiliki rongga udara biasanya akan gagal menetas jika di tetaskan, maka karena itu jangan Anda tetaskan jika telurnya tidak ada rongga udara.
  • Keadaan kulit telur bagus dalam artian tidak memiliki kulit yang sebagian tebal dan sebagiannya lagi tipis kulit telurnya, karena akan menyebabkan perkembangan embrio tidak normal dan kemudian embrio mati dan gagal menetas.
  • Waktu telur tidak boleh lebih dari lima hari, jadi telur setelah keluar dari indukannya jika ingin Anda tetaskan jangan lebih dari lima hari, jika lebih dari lima hari kemungkinan besar embrio dalam telur sudah lemah dan bahkan sudah mati duluan sebelum masuk mesin penetasan telur.
Nah di atas adalah ciri-ciri telur yang baik untuk di tetaskan dengan adanya pemilihan dari awal sebelum masuk mesin penetas bisa meminimalkan kegagalan dalam menetaskan telur ayam, maka oleh karena itu, hal di atas sangatlah penting jika Anda ingin hasil yang maksimal dalam menetaskan telur ayam.
Previous Post
Next Post