Panduan Cara menetaskan Telur Ayam

Sebagai para peternak ayam tentunya ada keinginan untuk menetaskan telur ayam sendiri tanpa harus membeli DOC lagi, tetapi banyak para peternak yang bermasalah dalam menetaskan telur ayam tersebut sehingga ini menjadi salah satu kendala bagi para peternak. Maka oleh karena itu, saya akan membahas tentang cara menetaskan telur ayam supaya hasil menetas dengan maksimal.

Penyimpanan telur tetas

Tentunya dalam penyeimpanan telur yang akan di tetaskan tidak sembarangan alias harus dengan peraturan yang baik tidak begitu saja dan untuk penyimpanan telur tetas sebaiknya telur di simpan dengan posisi berdiri dan yang ada rongga udaranya berada di atas supaya telur tidak rusak, dalam segi penyimpanan telur tetas memang tidak begitu mempengaruhi dari segi keberhasilan dalam menetaskan telur ayam, tetapi alangkah baiknya jika lebih teliti dan hati-hati dalam penyimpanan telur tetas tersbut, karena kerja keras itu tidak ada ruginya sama sekali dan yang pasti akan selalu menimbulkan hasil yang baik kedepannya.

Pembersihan kulit telur dari kotoran

Sebelum telur tetas di masukan kedalam mesin penetasan maka hal yang harus di lakukan adalah membersihkan telur dari kotoran dengan menggunakan kain halus yang dibasahi menggunakan air hangat dan kemudian oleskan pada kulit telur dan bersihkan dari semua kotoran yang nempel di kulit telur teteas tersebut supaya ruangan mesin penetas tetap bersih dan seteril supaya menghindari dari terjadinya bakteri jahat yang bisa mengganggu dalam proses penetasan telur ayam nantinya sehingga kebersihan telur harus di lakukan sebelum masuk mesin penetas.

Persiapan mesin penetasan

Sebelum mesin penetasan di oprasikan sebaiknya mesin penetas di cek terlebih dahulu supaya jika ada yang ruksak bisa di perbaiki terlebih dahulu dan jika ada lampu yang mati bisa di ganti dulu sebelum mesin tetas mulai digunakan, sehingga kondisi mesin tetas sudah siap di guanakan dan tentunya akan mendorong masalah penetasan jika dalam waktu ponetasan tidak ada gangguan dalam mesin penetas tersebut, seperti tiba-tiba ada lampu yang mati atau juga ada kabel yang putus yang mana akan mempengaruhi pada telur tetas nantinya.

Dan setel suhu mesin penetasan dengan benar karena keberhasilan dalam penetasan telur ayam yang paling di utamakan adalah masalah pengaturan suhu dan juga kelembaban. Maka oleh karena itu, supaya lebih mudah di pahami mari kita lihat video di bawah ini :


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel