Saturday, January 2, 2016

thumbnail

PELUANG USAHA JADI BOS CILOK

Memandang usaha jangan dari penampilan atau dari usahanya, tetapi yang penting hasilnya. Walupun usaha di bidang cilok tetapi jika untungnya memuaskan tidak masalah dan jangan pernah malu dalam berusaha tetap semangat dan jangan pernah putus semangat untuk terus membangun usaha yang Anda jalankan.
Di sini akan menceritakan tips-tips penjadi pengusaha cilok, dalam usaha cilok terbagi dua bagian di antaranya:
  1. Pedagang cilok. Pedagang cilok memang menguntungkan segi ekonomi karena kebanyakan pendapatan pedagang cilok rata-rata sebesar Rp 90.000/hari, berarti jika dikalikan perbulan pedagang cilok gajihnya hampir sama dengan guru PNS sebesar Rp 2,700,000. Waktu bekerja sama seharian full dengan pak guru hehehe. Tetapi yang membedakan adalah penampilan, Kalau pak guru selalu pake seragam yang rapih sedangkan tukang cilok dengan pakean biasa dan selalu membawa gerobak cilok itu yang membedakannya, tetapi hasilnya hampir sama dengan pak guru yang selalu rapih.
  2. My boos cilok/ Menjadi bos cilok, Sekarang pedagang cilok sudah banyak di sekitar kita bahkan seharian yang lewat ke rumah Anda terkadang lebih dari 3 orang pedagang cilok perhari. Itu dikarenakan karena sudah pada tahu besarnya penghasilan pedagang cilok. Coba Anda renungkan jika pedagang cilok perhari mempunyai penghasilan kurang lebih Rp 90,000/hari apalagi jika Anda menjadi bso cilok berapa perharinya??? yang pasti penghasilannya bakalan lebih dari pedagang cilok tersebut dan itu juga jika Anda mempunyai 1 pedagang, jika Anda mempunyai 10 atau lebih pedangang cilok maka penghasilan Anda akan melebihi gajih orang yang selalu pakaiannya rapih alias pak Guru PNS he he he. Coba kita perhitungkan Jika dari setiap pedagang cilok Anda mendapatkan Rp 100,000 saja per hari dikalikan dengan jumlah pedagang cilok 100,000 x 10 = Rp 1,000,000/hari. Berarti penghasilan menjadi bos cilok perbulannya sebesar Rp 30,000,000 sangat luar biasa bukan? Jadi jangan di pandang apa usahanya, tetapi berapa penghaliannya, walupun menjadi bos cilok tetapi Anda harus PD karena penghalian Anda sama dengan pangkat yang tertinggi di kota Anda sendiri.

Cara pembuatan cilok

Bahan membuat adonan cilok :
  1. 400 gram tepung tapioka atau kanji.
  2. 10 sdm tepung terigu.
  3. 2 batang daun saledri/iris halus
  4. 3 utas daun bawang (rajang)
  5. 1/2 liter air
  6. Air untuk merebus cilok secukupnya
  7. Air dingin matang secukupnya
Bumbu yang dihaluskan :
  1. 3 siung bawang putih
  2.  1 sdt merica butiran
  3. Ebi secukupnya
  4. 1/2 sdt penyedap rasa
  5. 1 sdt garam
Campurkan semuanya sampai halus atau bisa Anda blender hingga halus merata.
Cara pembuatan cilok :
  1. Campurkan semua bahan cilok yaitu tepung kanji, tepung terigu, daun bawang, dan irisan saledri aduk hingga merata.
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu masukan semua bumbu yang dihaluskan. Air mendidih yang sudah di campur bumbu tersebut masukan sedikit demi sedikit ke dalam campuran adonan tersebut, aduk hingga merata.
  3. Bentuk adonan menyerupai bulat-bulat atau motif tergantung Anda bisa juga berbentuk love dll. Ukuran sesuai selera. Dan rebus kedalam air mendidih.
  4. Sebelum di hidangkan, masukan bulatan cilok yang sudah di rebus tadi ke dalam air dingin matang, supaya tidak saling menempel.
  5. Hidangkan beserta sausnya.
Adonan di atas itu cuma resep pokonya doang, tentang rasa atau campuran lain tergantung Anda, bisa dicampur dengan daging sapi, daging ayam, telur rebus dan sebagainya. Anda harus kreatip dalam pembuatan cilok tersebut, karena usaha di bidang kuliner paling poko adalah tentang rasa, jika rasanya cilok Anda di gemari oleh para konsumen maka Anda tidak perlu membuat iklan untuk cilok Anda. Karena konsumen yang akan menjadi iklan utama cilok Anda jika cilok Anda rasanya enak maka konsumen akan bilang pada keluarganya, temannya dan pada orang-orang terdekat bahwa cilok Anda enak rasanya. Jadi dalam menentukan kesuksesan usaha menjadi bos cilok adalah dari rasanya cilok tersebut.
Baca juga artikel Peluang Usaha Modal Kecil Hasil Jutaan

Cara mencari pedagang

  1. Untuk hal satu ini pertama Anda harus berkorban untuk menjual cilok Anda sendirian, Jika Anda sudah terlihat ramai pembeli pasti bakalan banyak orang yang bertanya-tanya tentang cilok Anda, di situlah Anda mulai merekrut pedagang tersebut.
  2. Atau dengan cara media online seperti facebook, tweeter, dll. Anda iklankan bahwa Anda membutuhkan seorang pedagang cilok, dan yang pasti semua peralatan cilok Anda harus sediakan karena pedagang pastinya tidak mau kerepotan.
  3. Atau dengan cara menyimpan di warung-warung sekolahan. karena terkadang banyak warung-warung yang menerima penyimpanan barang orang lain untuk mereka jual, yang penting hitungan komisinya menggiurkan.
Sekian dari PU (Peluang Usaha) semoga ini bermanfaat bagi Anda dan mudah mudahan anda menjadi bos cilok yang ternama dan bahkan bisa membuka lowongan kerja bagi orang-orang yang membutuhkan amin.. wasalam salam sukses..
Baca juga artikel tentang Cara untuk memulai usaha

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

2 Comments

avatar

wah benar-benar jadi pingin bos cilok nih hehehe

Reply Delete
avatar

Wah ternyata dari usaha cilok juga bisa menjadi jutawan yah. Sangat luar biasa, saya mau coba deh usaha ciloknya he he he

Reply Delete