PELUANG USAHA MENJANJIKAN USAHA TERNAK BURUNG PUYUH

Hampir semua orang mengenal hewan yang satu ini. Biasanya, yang lebih dikenal adalah telurnya. Hampir di seluruh pasar tradisional dan pasar moderen menjual telur puyuh. Bentuk telurnya yang mungil dan bercorak jitam-putih menjadikan telur ini terlihat nyentrik dan memiliki daya tarik tersendiri. Peluang usaha budi daya burung puyuh sangat potensial karena permintaan pasar terhadap telur puyuh cukup baik dan peluang telur puyuh untuk dijadikan komoditas ekspor sangat terbuka lebar. Selain itu, tidak menutup kemungkinan jika daging burung puyuh pun dijadikan komoditas ekspor. Syarat agar daging dan telor puyuh dapat tembus ke pasar ekspor adalah daging dan telur puyuh harus berkualitas dan pengemasanya harus semenarik mungkin.

Panduan berternak burung puyuh

Buung puyuh termauk dalam kelas Aves, famili Phasianidae, dan ordo Galiformes. Hewan ini memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan ayam atau bebek. Walaupun termasuk dalam kelas burung (Aves), namun burung puyuh ini tidak dapat terbang tinggi.
Dalam pemeliharaannya, burung puyuh tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga mudah untuk dibudidayakan. Tahapan dalam beternak burung puyuh, antara lain :

Persiapan kandang

 Sebelum membut kandang, terlebih dahulu perlu menentukan lokasi kandang yang tepat agar budi daya burung puyuh dapat berjalan dengan baik. Syarat utama dalam menentukan lokasi kandang burung puyuh, antara lain :
  • Lokasi kandang harus jauh dari pemukiman penduduk

Lokasi kandang burung puyuh tentu harus jauh dari pemukiman penduduk, mengingat limbah utamanya yang berupa kotoran burung puyuh mengandung banyak bakteri dan virus, yang cukup membahayakan dan dapat menular pada manusia. Adapun jarak minimal antara kandang dengan pemukiman penduduk adalah 10 meter.
  • Lokai kandang harus mudah diakses dalam proses distribusi

Lokasi kandang juga harus mudah di akses dalam proses distribusi hasil ternak. dengan mudahnya akses distribusi hasil ternak, dapat menghemat waktu biaya transportasi.
  • Lokasi harus dekat dengan sumber air bersih

Dengan mudahnya mendapatkan air bersih, proses budi daya akan berjalan dengan optimal dan proses pembersihan kandang pun akan semakin mudah.
  • Lokasi kandang harus jauh dari risiko bencana alam

Yarat lainnya adalah lokasi kandang harus jauh dari risiko bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, angin puting beliung, dan bencana alam lainnya.
  • Lokasi kandang harus jauh dari polusi udara dan kebisingan

Lokasi kandang yang jauh dari kebisingan dan polusi udara akan menjadikan burung puyuh berkembang dengan optimal sehingga proses budi daya akan berjalan dengan baik. Adapun lokasi yang cocok untuk budi daya burung puyuh adalah di daerah pedesaan.
Setelah mendapatkan lokasi yang ideal, langkah berikutnya adalah membuat kandang burung puyuh. Bentuk kandang burung puyuh yang umum digunakan adalah bentuk sangkar (batere). Untuk ukuran sangkar, dapat dibedakan menjadi 3 jenis, antara lain :

1. Kandang induk puyuh

Kandang induk berfungsi untuk menempatkan induk puyuh yang sudah dewasa dan siap bertelur. Kapasitas kandang ini idealnya sekitar 39 ekor/m².

2. Kandang puyuh remaja

Kandang ini berfungsi untuk menempatkan anak burung puyuh yang sudah berumur remaja sekitar 4 minggu ke atas hingga siap bertelur. Adapun kapasitas kandang ini idealnya sekitar 55 ekor/m².

3. Kandang anak puyuh

Kandang ini berfungsi untuk menempatkan anak burung puyuh yang baru menetas hingga berumur 4 minggu. Kapasitas kandang ini idealnya 90 ekor/m²

Cara pemilihan bibit burung puyuh

Di dalam proses budi daya burung puyuh, hal terpenting adalah memilih bibit yang berkualitas agar nantinya dapat menghasilkan telur yang banyak. Adapun jenis puyuh yang baik untuk petelur adalah puyuh puyuh jenis ketam, sedangkan jenis puyuh yang baik untuk pedaging adalah puyuh afkiran (puyuh yang sudah tidak produktif).
Ciri-ciri bibit yang baik, antara lain :
  1. Tampak sehat dan lincah.
  2. Tidak cacat.
  3. Di bagian anusnya bersih, tidak menandakan diare/mencret.
  4. Bulunya bersih dan tidak rontok.
Sekian semoga bermanfaat bagi semua pembaca dan selamat mencobanya Usaha budi daya ternak puyuh tersebut. dan jangan lupa baca juga Tips sukses usaha budi daya ikan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PELUANG USAHA MENJANJIKAN USAHA TERNAK BURUNG PUYUH"

Post a Comment