Tuesday, May 30, 2017

thumbnail

CARA MEMBUAT BAKSO SUMUR

Sudah tidak asing lagi bagi kita untuk mendengar makanan yang satu ini. Bakso memang makanan yang di gemari oleh setiap kalangan dan semua orang tidak ada bosannya mendengar nama bakso ini, karena itu saya akan membahas tentang Cara membuat bakso sumur.
Sebenarnya bahan pokok bakso semuanya sama terbuat dari daging sapi dan tepung kanji, tetapi mungkin dari cara pembuatan dan bumbu-bumbu yang akan membedakan rasanya dan juga dari segi penyajiannya.

Sebelumnya saya juga sudah membagikan resep Cara membuat bakso super enak dan pedas.
Dan Cara membuat bakso solo asli.
Tetapi kali ini saya akan membagikan resep yang sangat luar biasa dan juga beda dalam penyajian dan bentuk bakso yang akan kita bahas di sini yaitu Cara membuat Bakso Sumur.

Bahan-Bahan Membuat Bakso Sumur

  1.  50 gram tepung kanji
  2.  1 kg daging sapi
  3.  2 sendok makan bawang putih yang sudah di haluskan
  4.  5 sendok bawang merah yang sudah di haluskan
  5.  1/2 sendok teh lada bubuk
  6.  1 sendok teh garam dapur/ secukupnya saja
  7.  40 gram Es batu/secukupnya 
  8. 200 ml air/secukupnya sampai adonan benar-benar jadi
Bahan-bahan tersebut dengan takaran pembuatan bakso sumur dengan sekala kecil, jika Anda mau membuat bakso dengan sekala besar maka Anda tinggal melipatkannya bahan-bahan di atas tersebut.

Cara Pembuatan Bakso Sumur

  • Masukan daging sapi, tepung kanji, bawang putih, bawang merah, lada, garam, kedalam wadah dan aduk hingga merata
  • Tambahkan Es batu sedikit demi sedikit jika adonan masih sulit di bentuk
  • Atau Anda bisa langsung menggilingnya di penggilingan daging biasanya sudah di sediakan untuk bahan-bahan pembuatan bakso tersebut. Oia jangan lupa dagingnya buat adonan bakso 1/2 kg dulu setengahnya lagi buat isian bakso sumur tersebut.
  • Kemudian rebus air hingga mendidih
  • Ambil mangkuk yang terbuat dari keramik, kemudian ambil adonan bakso tersebut dan citak kedalam mangkuk tersebut mnyerupai seperti mangkuk tersebut, kemudian masukan kedalam air yang sudah mendidih tadi kira-kira 5 menitan tergantung ketebalan dan besar kecilnya bentuk bakso tersebut, atau sampai bakso terlepas dari mangkuk dan timbul di permukaan air, kemudian angkat dan tiriskan.
  • Citak bakso kecil bulat-bulat buat isian bakso sumur biar lebih menarik di mata konsumen hehe

 Bahan-bahan bumbu kuah bakso sumur

  1. 7 buah bawang merah goreng, haluskan.
  2. 7 siung bawang putih goreng, haluskan.
  3. 2 sdt penyedap rasa (kaldu sapi).
  4. 2 sdt gula pasir.
  5. 1 sdm garam.
  6. 1/2 sdt merica.
  7. 6 daun bawang, iris-iris

Cara membuat kuah bakso sumur

Didihkan air, kemudian masukan semua bahan-bahan bumbu kuah. Tunggu sampai air mendidih sampai tulang sapi menjadi matang.

Cara penyajian bakso sumur

Caranya sediakan mangkuk yang besar, kemudian taruh bakso sumur tersebut di atas mangkuk, dan masukan, tulang sapi, bakso kecil, mie, dan sayur-sayuran seperti biasanya bakso, ke dalam bakso sumur tadi, dan taburi air bumbu, bawang goreng, saus, keap dan lain-lain bumbu bakso seperti biasanya, kemudian hidangkan deh, yang pasti rasanya sangat nikmat dan lezat.
Sekian Cara Membuat bakso Sumur semoga ada manfaatnya, jika ada yang mau ditanyakan tinggal berkomentar di kotak komentar yang sudah di sediakan di bawah. Oia hampir lupa, usaha bakso memang sangat menjanjikan karena makanan yang satu ini tidak ada matinya dan semua orang menyukainya makanan yang satu ini dari berbagai kalangan muda atau tua dan juga anak-anak menyukai yang namanya bakso, selamat mencoba dan bagi yang mau memulai usaha di bidang bakso semuga berhasil dan laku keras oleh para konsumen, salam sukses.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments