Selasa, 01 Oktober 2019

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Plastik Bagi pemula

Budidaya ikan gurame bisa meggunakan kolam plastik maupun kolam terpal, karena dalam budidaya ikan gurame tidak perlu membutuhkan adanya sirkulasi air, cukup dengan air yang menggenang saja, jadi budiaya ikan gurame di kolam plastik atau terpal sangat cocok dan mudah tidak ribet dan tanpa memerlukan alat airasi atau mesin sirkulasi.

Budidaya ikan gurame sangat menjanjikan karena harga ikan gurame sangat tinggi dan peminat ikan gurame sangat banyak, bahkan banyak rumah makan yang menyediakan menu makanannya dari bahan ikan gurame seperti bakar ikan gurame, sop ikan gurame dan masih banyak lagi olahan dari bahan ikan gurame.

Untuk memulai budidaya ikan gurame atau pembuatan kolam plastik pertama ukur dulu lahan yang akan dibuat kolam kemudian buat rangka kolam bisa menggunakan bambu atau juga menggunakan tembok, jika modal kita minim maka bisa menggunakan bambu untuk rangka kolamnya, setelah rangka kolam dibuat selanjutnya Anda ratakan kolam dan bikin logakan bulat seperti wajan supaya dikala panen mudah dan simpel, untuk alas kolam plastik menggunakan sekam padi supaya kondisis kolam hangat dan terhindar dari benda-benda tajam yang bisa merobek plastik atau terpal dan kemudian lapis dengan karung bekas supaya sekam tidak menususk plastik atau terpal. Setelah itu baru gelarkan plastik atau terpal kekolam dan kemudian airi secukupnya.

Untuk prawatan ikan guram sangat mudah dan simpl tidak harus ini itu hanya pmbrian pakan pagi dan sore, yang perlu Anda perhatikan hanyalah kondisi air jika airnya sudah berbau maka bisa buang air yang ada di kolam sekitar 50% dan kemudian tambah dengan air yang baru, lakukan hal tersebut dikala air di dalam kolam berbau karena jika air kolam berbau maka akan mengakibatkan kematian pada ikan gurame, dan jangan lupa jika ikan gurame Anda besar, sebesar telapak tangan maka dalam pemberian pakan harus ada pakan alami seperti daun talas atau daun sente supaya daya tahan tubuh ikan kebal dari berbagai penyakit terutama penyakit jamur.

Cara Budidaya Ikan Gurame Bagi pemula


Budidaya ikan gurame susah-susah gampang, akan terasa mudah bagi yang sudah pengalaman dan akan terasa sulit bagi yang belum pernah budidaya ikan gurame, karena memang budidaya ikan gurame ada waktunya yang tidak cocok bagi ikan gurame dan sedikit yang berhasil ternak ikan gurame di waktu tertentu seperti di waktu musim pancaroba sekitar bulan juni-agustus biasanya di bulan tersebut banyak ikan gurame yang terserang penyakit dan bahkan bisa mati dalam satu kolam semuanya. Maka oleh karena itu, bagi yang pemula saya sarankan jangan memulai budidaya ikan gurame di musim pancaroba.

Budidaya ikan gurame bisa menggunakan kolam plastik atau terpal tetapi akan lebih baik lagi di kolam tanah apalagi jika pembesaran ikan gurame beda dengan pembibitan. Kalau pembibitan ikan gurame yang mulai dari telur biasanya akan bagus di kolam plastik atau terpal, karena burayak ikan gurame masih rentan dan mudah dimangsa oleh predator kalau di tebar di kolam tanah. Berbeda jika pembesaran ikan gurame lebih baik di kolam tanah karena pertumbuhannya bisa lebih cepat apalagi kalau kolamnya Anda rabuk dulu menggunakan kotoran ayam maka pertumbuhan ikan gurame akan lebih cepat lagi.

Untuk pembesaran ikan gurame di kolam tanah supaya pertumbuhannya cepat besar pertama kolam buang airnya dan diamkan beberapa hari sampai kolam kering, setelah kolam kering taburkan kotoran ayam kebagian kolam kemudian isi air dan tunggu sekitar satu mingguan sekira nanti akan timbul pakan alami seperti kutu air, cacing sutra, plangton dan bahkan jentik nyamuk yang mana itu menjadi makanan ikan gurame yang membantu untuk pertumbuhan ikan gurame, dan kalau bisa lakukan pemindahan kolam dan perlakuan kolam seperti di atas supaya pertumbuhan ikan gurame benar-benar cepat.
Jika ikan gurame sebesar telapak tangan jangan lupa pemberian pakan dedaunan seperti daun sente, daun talas dan masih banyak lagi supaya ikan gurame kebal dari penyakit terutama penyakit jamur yang mana penyakit jamur biasanya akan menyerang ikan gurame yang sudah besar.
Keuntungan budiaya ikan gurame memang sangat besar bisa sampai 100-200% dari biaya yang kita keluarkan, dan bahkan para peternak ikan gurame banyak yang berhasil hanya ternak ikan gurame di kolam plastik atau terpal sekali panen bisa sampai ratusan juta. 

Cara Mengobati Ikan Gurame Yang Nafsu Makannya Berkurang


Dalam ternak ikan gurame tentunya tidak semulus yang kita harapkan adakalanya peternak ikan gurame akan mengalami permasalah seperti adanya ikan gurame yang terserang penyakit dan sebagainya, salah satu penyakit ikan gurame yang sering menyerang ikan gurame adalah ikan gurame kurang nafsu makannya sehingga mengakibatkan ikan gurame pada kurus dan kemudian mati. Biasanya penyakit ini menyerang ikan gurame yang masih kecil sekitar biji labu sampai sebesar satu jarian.

Ini disebabkan karena pencernaan ikan gurame terganggu sehingga nafsu makan ikan gurame berkurang dan kemudian daya tahan tubuhnya lemah dan mati. Biasanya ikan akan kurus dan terlihat pucat warnanya dan sering berada di permukaan air nah itu salah satu ciri bahwa ikan gurame terserang penyakit dalam alias masalah pencernaan.

Penyebab ikan kurus kurang nafsu makan biasanya disebabkan air yang sudah lama tidak ganti atau sudah kotor dan bau sehingga ikan gurame terserang penyakit, biasanya jika ikan gurame terserang penyakit tersebut jika sudah kelamaan dan ikan sudah terlanjur kurus ini akan susah diobati dan akan mati perlahan setiap harinya, nah jadi jika ikan gurame Anda sudah ada ciri-ciri seperti itu Anda harus cepat bertindak sebelum terlambat supaya bisa mencegah dari kematian masal ikan gurame.

Untuk mengatasi ikan seperti di atas yang perlu Anda lakukan pertama pindahkan bibit ikan gurame ke kolam yang lain yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu airnya sekitar satu mingguan sebelum di pindah, dan kemudian beri pakan dengan menggunakan pakan alami seperti cacing sutra atau kutu air dan saya sarankan memakai cacing sutra, supaya air tidak mudah bau karena cacing sutra bisa hidup di air jika tidak abis tidak mempengaruhi air dalam kolam berbeda jika Anda menggunakan pelet jika pakan sisa maka akan menimbulkan bau pada air kolam. Dan cacing sutra bisa memperkuat daya tahan tubuh bibit ikan gurame lakukan pemberian cacing sutra sampai kondisi ikan mulai pulih tubuhnya tidak kurus lagi setelah sembuh total baru pemberian pakan bisa menggunakan pelet kembali seperti biasanya.

Dan jangan lupa air kolam di taburi garam ikan supaya air tetap terjaga dari bakteri jahat yang bisa menyerang bibit ikan gurame, dan garam juga bisa mencegah dari baunya air di dalam kolam tersebut, penaburan garam ikan dilakukan sebelum ikan di tebar di kolam supaya nanti bisa tercampur dengan air kolam.

Cara Mengobati Ikan Gurame Yang Terkena Jamur


Salah satu penyakit ikan gurame yang sering menyerang yaitu jamur, yang mana jamur biasanya menyerang ikan gurame yang sudah pada besar atau indukan ikan gurame. Ciri-ciri ikan gurame kena jamur biasanya sirip putih dan kemerahan atau dibagian tubuhnya lama-lama akan menggrogoti tubuh ikan gurame sampai bocok dan kemudian mati, ikan gurame akan sering berada dipermukaan air dan nafsu makan berkurang kemudian pernafasan terganggu dan mati.

Jika Ada ikan gurame yang terserang jamur sebaiknya dipindahkan supaya tidak menular pada ikan yang lain, karena penyakit jamur ini sangat mudah menular dan menyerang pada ikan dan penyakit yang satu ini sangat susah diobatinya, biasanya jika ikan gurame sudah terkena jamur lama dan sudah parah paka jalan pintasnya dengan menggorengnya he he. Maka oleh karena itu, kita harus persiapkan seawal mungkin sebelum terkena jamur dengan pengobatan secara alami juga bisa untuk pencegahan.

Untuk mencegah dari serangan jamur pada ikan gurame bisa menggunakan garam ikan salah satunya karena garam bisa membunuh bakteri jahat yang membawa jamur atau penyakit lainnya dan garam juga bisa menyeterilkan air yang ada di kolam supaya tetap jernih dan juga tidak berbau, bisanya jika kolam kotor apalagi sudah berbau ikan gurame akan mudah terserang penyakit apalagi penyakit jamur.

Penyakit jamur bukan karena air kolam udah hijau karena jika kolam kotor dengan hijau berbeda jika hijau tetapi air aromanya biasa tidak berubah maka air tersebut masih bagus untuk ikan gurame begitu juga sebaliknya walaupun air kelihatan jernih atau bening tetapi aroma sudah berubah itu harus diperhatikan bahwa airnya sudah tidak sehat lagi untuk ikan gurame.

Kotoran air yang membuat air aromanya tidak sedap biasanya disebabkan banyak pakan sisa yang akan mengakibatkan air akan kotor dan berbau. Maka dari itu, pemberian pakan juga harus benar-benar dijaga jangan sampai kebanyakan, lebih bagus sebagian menggunakan pakan-pakan alami seperti dedaunan supaya ikan gurame tetap terjaga dan daya tahan tubuhnya kuat ini bagi ikan gurame yang sudah pada besar.

Jika ikan gurame yang kecil atau bibit ikan gurame yang terserang jamur maka yang perlu Anda lakukan pindahkan ikan kekolam yang lain dan sebelumnya kolam taburi dengan garam ikan, kemudian pakan menggunakan cacing sutra jika ikan masih kecil-kecil supaya daya tahan tubuh ikan semakin kuat dan bisa bertahan dan mengobati penyakit jamur tersebut.

Ide Usaha Sampingan Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Plastik


Terkadang kita tidak merasa cukup dengan penghasilan yang sudah kita dapat dan ingin memiliki usaha sampingan supaya menambah penghasilan kita. Nah, salah satu ide usaha sampingan yang menjanjikan dan mudah dilakukan oleh semua kalangan dan bermodal minim yaitu usaha di bidang budidaya ikan gurame menggunakan kolam plastik.

Untuk mmulai usaha budidaya ikan gurame pertama yang harus Anda lakukan adalah pembuatan kolam, pembuatan kolam plastik sangat mudah Anda bisa menggunakan bambu untuk pinggir kolam atau rangka kolam yang mana harganya cukup murah meriah.

Dalam pembuatan kolam untuk ikan gurame bentuknya harus seperti wajan makin ketengah makin dalam yang mana di tengah adalah pembuangan air supaya memudahkan dalam pemanenan, untuk alas kolam bisa menggunakan sekam padi kemudian timpah menggunakan karung bekas supaya sekam padi tidak nusuk plastik tersebut dan sekam padi memberi hangat pada kolam.

Posisi kolam sebaiknya Anda buat di tempat terbuka sekira sinar matahari bisa masuk langsung dari pagi sampai sore, karena sinar matahari juga sangat mempengaruh bagi pertumbuhan ikan gurame tersebut dan bisa mempercepat pertumbuhan ikan gurame.

Perwatan ikan guame cukup mudah dan simpel, kolam ikan gurame tidak perlu menggunakan sirkulasi air atau menggunakan aerasi cukup hanya air yang menggenang di dalam kolam, karena ikan gurame lebih suka di kolam yang tenang dan menggenang beda dengan ikan lainnya.
Supaya pertumbuhan ikan gurame cepat maka dalam satu kolam populasinya jangan terlalu padat, jika dalam kolam terlalu padat ikan gurame kurang cepat dalam pertumbuhannya. Intinya lebih sedikit dalam satu kolam populasinya maka pertumbuhannya akan semakin cepat.

Usaha di bidang budiaya ikan gurame hasilnya bisa sampai 100% dari modal yang kita keluarkan bahkan bisa lebih dari itu, tetapi yang Anda harus perhatikan dalam budiaya ikan gurame di kolam plastik adalah kondisi air yang harus tetap terjaga dengan baik jangan sampai air terlalu kotor dan sampai bau tidak sedap karena akan menyebabkan kematian pada ikan gurame, jadi sebaiknya sebelum terjadinya seperti itu ikan gurame di pidah ke kolam yang lain tetapi airnya sudah dipersiapakan dari seminggu sebelumnya suapaya ikan gurame tidak setres dengan air yang baru atau kolam baru.

Usaha Budidaya Ikan Gurame Di Lahan Seadanya


Ikan Gurame adalah salah satu ikan yang memeiliki penggemar yang banyak, karena disetiap rumah makan banyak yang menyediakan menu dari bahan ikan gurame seperti bakar ikan gurame, sop ikan gurame dan masih banyak lagi menu-menu dari bahan ikan gurame, maka karena itu, harga ikan gurame setabil bagus dan banyak peminatnya.

 Usaha budidaya ikan gurame bisa Anda lakukan dengan lahan seadanya seperti memanfaatkan lahan yang kososng disekitar rumah Anda dengan media kolam plastik atau juga kolam terpal. Perawatan ikan gurame lebih mudah dibandingkan dengan ikan lainnya karena ikan gurame tidak memerlukan pasokan air yang banyak bisa budidaya ikan gurame di kolam yang menggenang tidak perlu yang ada sirkulasinya atau memakai aerasi ataujuga mesin sirkulasi air.

Sedangkan dalam masalah pakan ikan gurame lebih irit beda dengan ikan lele dan yang lainnya dan bahkan ikan gurame jika sudah besar bisa diberi pakan dedaunan seperti daun talas, daun singkong, daun sente, dan masih banyak lagi yang mana itu akan meningkatkan penghasilan para pembudidaya ikan gurame karena akan meminimalkan biaya pakan. Sedangkan ikan gurame harganya cukup mahal, jadi jika Anda ternak ikan gurame pembesaran dan kemudian pakan bisa menggunakan dedaunan maka hasilnya akan luarbiasa.

Memang ikan gurame pertumbuhannya sangat lama untuk menjadi ikan gurame konsumsi, maka oleh karena itu, biasanya ikan gurame cocok sebagai usaha system investasi dan bisa juga sebagai usaha sampingan, bukan karna hasilnya yang kcil ttapi dalam segi perawatan tidak susah dan tidak perlu waktu yang banyak sehari-harinya jadi tenang walaupun Anda sebagai karyawan atau sudah memiliki usaha yang lain juga.

Daging ikan gurame sangat gurih dan enak makannya ikan gurame banyak penggemarnya dibanding dengan ikan yang lain dan memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia bukan sekedar hanya enaknya saja tetapi ada segi manfaatnya bagi yang mengkonsumsinya.

Usaha Pmbibitan Ikan Gurame Di Kolam Plastik


Usaha pembibitan ikan gurame sangat menjanjikan karena modal minim tetapi bisa menghasilkan yang cukup lumayan besar, contohnya jika Anda beli telor seharga 150.000 per sarang kemudian Anda ternak sampai ukuran satu jarian selama dua bulan yang mana harganya sekitar Rp 800 rupiah per ekor sedangkan biasanya dalam satu sarang akan menghasilkan sekitar 4000 ekor maka tinggal kalikan 800 X 4000 = Rp 3.200.000 yang mana biaya pakan sangat minim paling selama dua bulan hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 500.000 berarti Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar itu hasil dari satu kolam dan satu sarang tlur ikan guram, sdangkan jika Anda mmiliki 10 kolam yang mana masing-masing kolam di isi satu sarang tlur ikan guram maka hasilnya akan sangat luar biasa tinggal kalkulasikan sendiri  kira-kira berapa.

Sedangkan biaya pembuatan kolamnya juga sangat murah meriah dengan pembuatan kolam dari bambu dan plastik, yang mana plastik yang dibuat kolam ketahanannya sekitar satu tahunan sangat lama dan bisa kepakai beberapa kali memanen bibit ikan gurame tersebut, dan kalau bambunya sangat awet bisa sampai 2 atau 3 tahunan jika tidak terkena rayap maka akan bertahan lebih lama lagi.

Untuk perawatan telur ikan gurame simpan di dalam baskom selama satu mingguan setelah burayak ikan gurame udah mulai menghitam baru bisa Anda tebar di kolam plastik, tetapi jangan lupa sebelumnya airnya di siapkan terlebih dahulu sekitar satu mingguan sebelum burayak ikan gurame di tebar di kolam plastik supaya ikan gurame tidak setres dan tidak terjadinya kematian masal, ikan gurame memang sangat lama untuk beradaptasi dengan air baru, maka karena itu jangan menggunakan air baru jika memindahkan ikan gurame atau juga pemberian air dalam kolam.

Pakan awal untuk burayak ikan gurame menggunakan cacing sutra atau juga kutu air jangan menggunakan pakan pelet atau sejenisnya karena burayak ikan gurame masih sangat lemah daya tahan tubuhnya, sedangkan cacing atau kutu air pakan yang baik bagi burayak ikan gurame bisa memperkuat daya tahan tubuh burayak ikan gurame tersebut.

Dan yang perlu Anda perhatikan dalam merawat burayak ikan gurame adalah kondisi air jangan sampai bau tidak sedap karena jika kolam airnya bau biasanya ikan gurame akan pada mati dang bahkan mudah terserang penyakit, oleh karena itu sediakan kolam yang kososng untuk memindahkan ikan gurame dikala ada kolam yang sudah kotor dan bau airnya supaya nanti Anda sudah siap dari awal sebelum terjadinya kematian yang jumlahnya cukup banyak.

Sekian tentang usaha pembibitan ikan gurame di kolam plastik semoga artikel ini bisa membantu Anda dan bermanfaat bagi sahabat pembaca semuanya, dan jika artikel ini sangat membantu jangan lupa sher artikel ini kesahabat Anda semuanya. Terimakasih.


Previous Post
Next Post