Sabtu, 05 Oktober 2019

Cara Memulai Ternak Ayam Kampung Super Sekala Rumahan

Biasanya bagi para pemula yang akan memulai ternak ayam kampung super (Joper) biasanya kebingungan harus mulai dari mana dan bagaimana caranya, sedangkan hanya memiliki modal yang sangat minim dan mau ternak ayam kampung super. Maka oleh karena itu saya akan menjelaskan cara memulai ternak ayam kampung super sekala rumahan bagi pemula.

Untuk memulai ternak ayam kampung super sebaiknya Anda membeli indukan ayam kampung super jangan membeli DOC ayam kampung super, supaya Anda bisa lebih paham tentang bagaimana cara membuat ayam kampung super dan tentunya dengan memulai ternak ayam kampung super dengan pembelian indukan maka modalnya hanya satu kali saja dari awal, beda jika Anda ternak ayam kampung super dengan pembelian DOC maka setelah ayam di panen maka selanjutnya Anda harus membeli DOC lagi dan lagi sampai Anda berhenti ternak ayam tersebut, beda dengan jika Anda memulai usaha ternak ayam kampung super mulai dari indukan dan memproduksi DOC sendiri maka Anda tidak ada pembelian di tahap berikutnya karena Anda sudah bisa memproduksi sendiri dan bisa menghasilkan DOC ayam kampung tersebut.

Untuk modal awal memulai ternak ayam kampung super dengan memulai membeli indukan nya tidak terlalau besar dan hanya sekali pembelian berikutnya tinggal terus memproduksi DOC dan akan terus menghasilkan. untuk sekala rumahan Anda cukup membeli 5 ekor indukan saja yang mana lima ekor tersebut terdiri dari 4 ekor betina dan 1 ekor pejantan, untuk memproduksi ayam kampung super tentunya betina harus menggunakan ayam petelur supaya nanti bisa menghasilkan keturunan  yang mana pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasanya.

Modal Pembuatan Kandang

Untuk modal pembuatan kandang indukan ayam kampung super dengan populasi 5 ekor ayam maka hanya membutuhkan sekitar Rp 50.000 saja yang mana untuk pembelian bambu dan juga plastik UV sebagai atapnya dan saya yakin hanya dengan uang 50.000 saja Anda sudah cukup membuat kandang ayam untuk populasi 5 ekor indukan ayam kampung super.

Supaya Anda semakin paham dan mudah Anda pahami mari kita tonton video di bawah ini :


Nah jadi intinya untuk memulai ternak ayam kampung super sekala rumahan tidak memerlukan modal yang besar cukup dengan modal membeli 5 ekor indukan ayam kampung super (joper) saja dan Anda sudah bisa memulai usaha ternak ayam kampung super sekala rumahan, yang mana dari 5 ekor indukan saja Anda bisa memproduksi ayam kampung super sekitar kurang lebih 100 ekor dalam satu bulan dan itu akan terus menerus tanpa Anda harus membeli DOC lagi setelah ayam di panen beda jika Anda memulainya dengan membeli DOC tentunya setelah ayam di panen jika Anda mau ternak lagi maka harus membeli DOC kembali yang mana modalnya juga cukup lumayan.

Sedangkan jika Anda memulainya dari indukan maka Anda akan lebih paham tentang ayam kampung super dan bisa memproduksi ayam kampung super unggulan karena Anda sudah tahu tentang indukan ayam kampung super.

Dengan modal 5 ekor ayam saja Anda bisa mendapatkan penghasilan yang sangat luar biasa dan usaha ini bisa menjadi usaha sampingan Anda karena dengan ternak 5 ekor saja tentunya Anda masih mampu mengerjakan pekerjaan yang lain atau usaha utama Anda.

Sekian tentang cara memulai ternak ayam kampung super (joper sekala rumahan semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya.
Previous Post
Next Post