CARA MEMBUAT BAKSO

Bakso


Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi gling dan tepung tapioka. Akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, daging ikan dan sebagainya, bakso sudah banyak variasinya dengan berbagai bahan-bahan daging giling bakso jadi banyak namanya.
Para pelaku usaha bakso sekarang sudah banyak dari pedagang kakai lima sampai rumah makan besar seperti restoran sudah banyak yang menyajikan, berbagai jenis bakso sudah banyak ditawarkan.

Bahan Pokok Bakso

  1. Daging sapi
  2. Tepung tapioka/sagu
  3. Bawang putih
  4. Merica
  5. Bawang merah
  6. Garam
  7. Penyedap rasa
Di atas yang di sebutkan adalah bahan pokok pembuatan bakso, walaupun banyak orang yang sudah bisa kombinasikan bakso dengan yang lain, dan bahkan orang yang berani mencoba-coba dapat menemukan resep bakso yang berbeda dari yang lainnya, bakso sudah banyak namanya walaupun bahannya pokoknya sama, ada yang namanya bakso solo, bakso rudal, bakso sumur dan lain-lain, jika Anda berminat untuk mencari resep bakso dan proses pembuatan nya Anda tinggal memilih di 
  1. CARA MEMBUAT BAKSO RUDAL
  2. CARA MEMBUAT BAKSO SOLO ASLI
  3. CARA MEMBUAT BAKSO SUMUR
  4. CARA MEMBUAT BAKSO SUPER ENAK DAN PEDAS
Di atas adalah cara pembuatan bakso mulai dari bahan-bahan sampai cara pembuatan nya, dan Anda juga tinggal memilih dari 4 resep tersebut yang sudah di sediakan, atau Anda bisa mencobanya dengan cara menyatukan antara 4 resep tersebut menjadi bakso Nama buatan Anda sendiri seperti bakso setan, bakso neraka dan lain-lain sebagainya. Biasanya orang tertarik salah satunya dari namanya walaupun sebenarnya bakso bahan-bahannya sama, tetapi terkadang orang akan penasaran dengan memberi nama bakso tersebut.

Bakso Sebalak Ceker ayam

Jika Anda mau berbeda di bidang usaha bakso mungkin Anda bisa mencobanya dengan menyatukan antara bakso dan seblak ceker ayam, Jika Anda berani tampil baru dari yang lain Dikala kelak Anda sukses maka usaha Anda tidak akan ada yang menirunya karena resep bakso Anda hanyalah Anda yang tahu, jika Anda berminat akan menyatukan dua kuliner ini menjadi satu Anda tinggal baca caranya pembuatan seblak di sini:

  1. CARA MEMBUAT SEBLAK CEKER AYAM SUPER PEDAS
  2. CARA MEMBUAT SEBLAK TULANG AYAM SUPER PEDAS
Jika Anda sudah mencoba resep bakso dan resep seblak, mungkin Anda akan berpikir untuk menyatukan dua resep tersebut dan menjadi bakso seblak ceker ayam, dari namanya juga sudah menarik dan bikin penasaran para pencinta bakso, karena dua makanan ini dua-duanya adalah makanan yang banyak di gemari di kalangan masyarakat dari mulai anak-anak sampai orang dewasa menyukai dua kuliner ini, jika Anda menyatukannya mungkin akan lebih menarik dan akan menimbulkan rasa terbaru di lidah-lidah pencinta bakso dan seblak ini, dan mungkin belum Anda para pelaku usaha bakso dan seblak yang membuat bakso seblak ceker ayam ini.
Seperti yang sudah kita ketahui bakso dan mi ayam, sekarang sudah banyak yang menyatukannya antra mi ayam dan bakso menjadi satu, dan hasilnya sampai sekarang menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Tinggal Anda mencoba hal yang baru dan yang belum ada saingan nya walaupun bahannya dari bakso tetapi Anda mengkombinasikan dengan masakan yang lain dan akan menimbulkan satu masakan yang enak dan di sukai oleh masyarakat luas.

Prospek usaha Bakso


Bakso adalah kuliner yang sudah terkenal oleh semua masyarakat, dan hampir semuanya masyarakat Indonesia menyukai kuliner bakso ini, Usaha bakso memang sangat menjanjikan walaupun persaigan usaha bakso semakin ketat, tetapi, usaha di bidang bakso tiada matinya sampai sekarang di setiap kota-kota bakso selalu ramai di grumuti oleh pembeli.

Investasi modal awal:

  • Grobak Rp 2.000.000
  • Meja dan kursi Rp 1.000.000
  • Alat memasak 1.000.000
  • Peralatan makan Rp 300.000
  • Sewa tempat Rp 1.000.000
  • Biaya oprasional pembuatan bakso Rp 1.000.000
Total biaya awal yang di butuhkan adalah sebesar Rp 6.300.000
Penghasilan perbulan 40 porsi x 12000x30 hari = Rp 14.400.000
Laba bersih bulan pertama Anda mendapatkan Rp 14.400.000-6.300.000 =  Rp 8.100.000
JUntuk bulan selanjutnya Anda akan lebih besar penghasilannya karena bulan kedua dan bulan seterusnya tidak ada biaya grobak, meja dan kursi, alat masak, alat makan, paling juga di potong biaya oprasional, dan biaya sewa tempat. dan mungkin biaya oprasional tiap hari, biaya oprasional tiap hari bisa di ketahui setelah Anda memulai usaha bakso tersebut, dan jika biaya orasional sudah di ketahui maka laba bersih juga bakalan bisa Anda ketahui, itulah gambaran analisa untuk membuka usaha bakso bagi pemula, dan mungkin saja Anda bisa lebih dari di atas atau sebaliknya kurang dari diatas tinggal anda kalkulasikan setelah memulainya dan semuanya akan Anda ketahui dengan jelas.

Tips Sukses Usaha Bakso


Kesuksesan memang idaman semua pengusaha, untuk sukses biasanya membutuhkan strategi yang baik dan membutuhkan usaha keras dan ekstra untuk membangun usaha tersebut, ciri-ciri usaha bakso yang sukses di antaranya
  • Dari rasa bakso
Rasa dalam usaha kuliner adalah salah satu kunci untuk kesuksesan karena rasa tidak pernah bohong, jika kuliner Anda rasanya di terima oleh semua kalangan masyarakat maka saya yakin usaha Anda akan sukses dan tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk beriklan. Karena biasanya jika bakso Anda pas di lidah para pembeli maka para pembeli sendiri yang akan mengiklankan bakso Anda, pertama keluarganya dan teman-temannya lama kelamaan bakso Anda akan di kenal oleh semua masyarakat bahkan sampai ke luar kota, itulah jika rasa bakso Anda pas di lidah para konsumen.
  • Tempat yang strategis
Tempat juga menjamin dalam kesuksesan usaha bakso tersebut, karena jika kita membuka usaha bakso di tempat yang ramai, maka kemungkinan akan banyak orang yang akan membelinya, karena biasanya ada ada orang yang tadinya tidak mau membeli bakso tetapi melihatnya maka orang tersebut jadi membeli bakso, itulah kenapa sebabnya tempat juga menjamin kesuksesan dalam usaha bakso tersebut.
  • Harga
Terkadang orang suka pilih-pilih harga mana yang murah maka dia akan membelinya, menurut saya jika kita usaha jangan terlalau besar-besar mengambil keuntungannya, karena walaupun kita sedikit mengambil keuntungannya tetapi setiap hari banyak yang membelinya maka labanya juga tidak akan kalah dengan usaha yang mengambil keuntungannya terlalu besar.
Sekian tips-tips sukses dalam usaha di bidang bakso, selamat mencobanya dan salam sukses selalu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MEMBUAT BAKSO"

Post a Comment