IDE USAHA DAN CARA PELAKSANAANNYA

Upaya menghemat pengeluaran modal dan mendapatkan keuntungan lebih banyak, serta kesehatan lebih terjamin. Tidak ada salahnya membuka usaha cemilan dengan membuat sendiri. Selain bahan baku terjamin, masalah rasa bisa kita buat berbeda dari cemilan pasaran pada umumnya. Berikut adalh beberapa resep untuk membuatnya :

1. Kuping Gajah


Camilan senack kuping gajah zebra, cemilan yang selalu ada setia kali lebaran tiba. Di rumah selalu rame-rame membuatnya. Raanya manis dan gurih. Ada yang tahu cemilan satu ini termasuk camilan jenis apa? Yap, jenis kue kering.

Kuping gajah zebra saat ini masih bisa ditemukan. dulu warnanya hitam dan putih, sekarang kuping gajah ada yang berwarna warni. Nah, ide usaha satu ini bisa digunakan untuk berbisnis camilan. Mengingat cara membuatnya cukup mudah.

Mempersiapkan Bahan

  1. Gula pasir 75 gram
  2. 1/2 sendok teh garam
  3. Tepung terigu 300 gram
  4. Mentega 2 sendok
  5. Santan kelapa yang sudah didinginkan 75 ml
  6. Telur satu butir
  7. Vanili bubuk 1/4 sendok teh
  8. Coklat bubuk 1 1/2 sendok

Cara pembuatan :

Pertama kali yang harus dipersiapkan adalah mempersiapkan alat. Siapkan baskom atau loyang besar. Masukan tepung terigu, mentega, garam, gula halus, dan vanili bubuk. Aduk hingga merata, usahakan mengaduk menggunakan tangan. Kemudian masukan telur dan santan kelapa. Saat memasukan santan kelapa masukan sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis dan lengket.

Adonan pada faragraf di atas ambilseperempat bagian, kemudian pisahkan adonan menjadi dua bagian. Bagian pertama diberi coklat bubuk, aduk hingga merata. Gilas adonan tersebut hingga menjadi pipih. Lakukan cara yang sama dengan adonan yang tidak diberi coklat bubuk.

Langkah selanjutnya, adonan coklat yang sudah digilas di atas adonan asli. Tekan pelan-pelan hingga adonan agak melekat. Kemudian gulung dua adonan tersebut berbentuk slinder. Masukan kelemari pendingin sekitar 2 jam terlebih dahulu agar agak mengeras.

Setelah 2 jam,keluarkan dan tinggal diiris-iris. Kemudian gilas lagi hingga tipis. Langkah selanjutnya, hasil irisan tinggal di goreng menggunakan minyak panas. Saat menggoreng, pastikan gunakan minyak yang banyak, agar tidak cepat dan tidak mudah gosong. Tujuan agar panasnya merata.

2. Kue Sagu

Senack yang dapat digunakan untuk bahan dijadikan bisnis rumahan  dan dijual belikan adalah membuat ring keju sepesial. Makanan ini cocok untuk lidah orang-orang moderen. Kue sagu ini juga sering disajikan saat lebaran. Namun, di luar hari lebaran, kue sagu ini juga bisa digunakan untuk menjadi bahan camilan yang lezat. Berikut adalah cara membuatnya;

Mempersiapkan Bahan:

  1. Tepung terigu 350-400 gram
  2. Susu bubuk 30 gram
  3. Gula halus 100 gram
  4. Telur satu butir
  5. Keju 100 gram
  6. Santan 60 mililiter

Proses Pembuatan

Tepung terigu yang sudah kita siapkan tadi sangrai terlebih dahulu. Saat menyangrai gunakan api kecil, tujuannya agar tepung tidak mudah gosong. Sangrai selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, gula halus, margarine di campur menjadi satu di wadah, dan aduk hingga merata. Jika sudah merata, campurkan telur dan santan pada adonan. Ratakan. Keju kemudian jangan lupa untuk dimasukan.

Tepung terigu di ayak di atas adonan sambi lpelan-pelan dimasukan dengan susu bubuk. Aduk hingga benar-benar tercampur menjadi satu. Adonan tadi yang sudah tercampur, kemudian masukan kedalam plastik khusus. Kemudian tinggal di-pleting sesuai keinginan di loyang. Pastikan loyang sudah di oles terlebih dahulu.
Panaskan terlebih dahulu oven, kemudian masukan loyang yang siap di oven selama 45 menit dengan tempratur 130 drajat.Setelah matang angkat,dan dinginkan terlebih dahulu.

3. Setik Balado

Siapa yang tidak suka dengan camilan stick balado yang rasanya lezat ini. bentuk camilan ini memanjang, namun masih terbilang pendek.Rasanya ada sensasi rasa pedas dan gurih menjadi satu. Camilan ini juga masih berpotensi sebagai ide bisnis yang menjanjikan. Jika ingin mencobanya, bisa membuatnya seperti langkah berikut ini:

Mempersiapkan Bahan:

  1. Tepung terigu yang mengandung protein sedang 200 gram
  2. Telur ayam 2 butir
  3. Tepung sagu 50 gram
  4. Baking powder 1/2 sendok teh
  5. kaldu ayambubuk 1/2 
  6. garamsatu sendok teh
  7. Cabai bubuk 2 sendok makan
  8. Saledri yang di cincang 1sendok teh
  9. Minyak goreng
  10. Bumbu balado siap pakai 2 sendok

Proses pembuatan:

Langkah pertama adalah mencampurkan antara tepung terigu, telur, tepung sagu, baking powder, kaldu bubuk, garam, seledri, cabai bubuk dan bumbu balado siap pakai. Semua aduk hingga merata. Biarkan adonan menjadi mengumpal dan kalis.

Selanjutnya adalah proses penggilingan adonan. Penggilingan bisa bisa menggunakan pengilingan mie. Setting penggilingan menggunakan ukuran yang paling tebal. Lakukan penggilingan selama kurang lebih dua sampai tiga kali. Kecilkan nomor gilingan, sebelum kembali digiling lagi dua sampai tiga kali lagi hingga adonan menjadi licin. Lakukan beberapa kali hingga ketebalannya paling tipis.

Jikasudah dianggap cukup, selanjutnya adalah potong-potongan adonan tersebut menggunakan pemotong mie yang lebih lebar. Kumpulkan hasil potongan. Langkah selanjutnya, kita siapkan wajan besar, berisi minyak, panaskan dan potongan tadi siap untuk di goreng. Setelah digoreng, maka camilan sudah siap di kemas.

4. Widaran Manis


Kue tradisional yang hingga saat ini masih ada, namun sedikit sulit mendapatkannya. Kue Widaran juga salah satu ide bisnis menjanjikan. Selain melestarikan makanan tradisional di tengah moderenisasi, usaha widaran juga memberikan keuntungan lain. Seperti, mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan, mampu mengentaskan masyarakat dari pengangguran,karena masyarakat sekitar kita bekerja di tempat kita.
Widaran juga salah satu camilan yang terbilang mudah untuk dibuat. Nah berikut adalah step untuk membuatnya:

Mempersiapkan Bahan

  1. Santan kelapa 250 ml
  2. Telur ayam 3 butir
  3. Garam satu sendok teh
  4. Tepung ketan kualitas terbaik 500 gram
  5. Gula pasir 300 gram
  6. Air bersih secukupnya

Proses Pembuatan;

Langkah pertama, tepung ketan campurkan dengan telur ayam yang sudah dikocok sebelumnya. Masukan garam, aduk hingga merata. Masukan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Catatan, setiap kali mengaduk usahakan mengaduk menggunakan tangan, agar rasa dan hasil adonan baik.

Aduk hingga adonan menjadi kalis. Jika sudah menjadi kalis, selanjutnya gulung memanjang. Plinter adonan membentuk angka 8 atau sesuai selera kita. Kemudian, siap untuk digoreng di atas wajan dengan api kecil. Cara membuat bahan lapisan luar, rebus gula pasir 300 gram tadi ke dalam air hingga larut. Kemudian masukan widaran tadi kedalam rebusan gula sambil diaduk hingga merata. Dan, selanjutnya angkat dan dinginkan, dan widaran manis siap untuk dinikmati dan di hidangkan.
Artikel tentang kuliner:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "IDE USAHA DAN CARA PELAKSANAANNYA"

Post a Comment